50 Juta Warga China Bakal Disuntik Vaksin Sinovac & Sinopharm

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 December 2020 12:43
Infografis/ persiapan pemerintah dalam vaksinasi Covid-19 massal

Jakarta, CNBC Indonesia - China berencana untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech dan Sinopharm kepada 50 juta penduduk sebelum puncak mudik Tahun baru China (Imlek) tahun depan.

Untuk program vaksinasi ini China telah memanggil pejabat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di seluruh negeri untuk melakukan pelatihan dan disiarkan televisi pada Rabu (16/12/2020).

Menurut pejabat kesehatan China, pemerintah pusat berencana untuk mendistribusikan 100 juta dosis vaksin. 50 juta dosis harus disuntikkan sebelum 15 Januari 2021 dan sisanya sebelum 5 Februari 2021. Hari raya Imlek akan jatuh pada tanggal 12 Februari 2021.


Vaksin ini akan disuntikkan kepada warga yang dianggap berisiko tinggi terinfeksi virus Covid-19. Yakni, pekerja kesehatan, petugas polisi, petugas pemadam kebakaran, petugas bea cukai, pengurus kargo, pekerja transportasi dan logistik.

Ada juga petugas pengawas perbatasan, staf panti jompo, pengurus, pekerja sanitasi dan pekerja utilitas. Termasuk juga orang-orang yang perlu bepergian ke luar negeri untuk bekerja atau belajar.

Vaksinasi ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 selama liburan tahun baru Imlek yang dimulai pada 11 Februari dan berlangsung selama sepekan, seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat

Tahun Baru Imlek adalah musim berisiko tinggi penyebaran penyakit menular di Tiongkok. Pada tahun 2003, sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS, menyebar ke berbagai bagian kabupaten ketika ratusan juta orang pulang ke rumah untuk rayakan Imlek.

Selama sesi pelatihan pada hari Rabu, para pejabat diberikan pengarahan tentang masalah logistik seperti tempat, transportasi dan pendaftaran. Mereka juga diajari cara mengidentifikasi, melacak, mencatat, dan mengobati gejala inokulasi yang merugikan.

Sebelumnya lebih dari satu juga penduduk China sudah disuntik vaksin Sinopharm, CanSino, dan Sinovac dalam program izin penggunaan darurat. Mereka yang disuntik di antaranya tenaga medis, militer, hingga diplomat dan pekerja BUMN yang bepergian ke luar negeri.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading