Ini Dia yang Dapat Vaksin Covid-19 Gratis dari Jokowi

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
22 October 2020 15:14
[THUMB] Vaksin Covid-19 di Depan Mata

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menjelaskan proses vaksinasi ini akan menggunakan data BPJS Kesehatan. Di mana para PBI alias Penerima Bantuan Iuran akan digratiskan.

Hal tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Agar vaksin ini diselenggarakan tahapannya jelas siapa saja yang dapat. Ada yang sifatnya dibiayai pemerintah masuk PBI [Penerima Bantuan Iuran], data dari BPJS Kesehatan," kata Airlangga, Kamis (22/10/2020).

Sementara, sambung Airlangga adalah vaksin yang secara mandiri. Secara mandiri ini adalah agar masyarakat menggunakan dana pribadinya.

"Terkait mandiri, harganya juga jelas. Kemudian bagaimana pencapaian dan bagaimana masyarakat memperoleh. Dengan demikian kejelasan itu disiapkan publik setelah roadmapĀ (peta jalan) disetujui sehingga masyarakat bisa mendapatkannya," papar Airlangga.

Nantinya pun, bagi yang vaksin mandiri harus jelas dahulu vaksin mana kah yang mendapatkan izin BPOM.

Aakses untuk penerima vaksin mandiri, menurut Airlangga juga akan dikelola oleh BUMN. Sehingga akan lebih jelas bagaimana proses vaksinasi dilakukan.

Pada kesempatan yang sama Airlangga juga mengatakan pemerintah sudah pasti memprioritaskan daerah yang masuk zona merah. Salah satunya Jakarta, Jabar, dan Jatim.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading