Saingi Tencent, 'Google China' Mau Bikin Mobil Listrik

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 December 2020 19:21
Baidu

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa search engine China, Baidu Inc dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membuat mobil listrik sendiri. Hal ini disebut sebagai langkah terbaru untuk mengembangkan mobil pintar oleh perusahaan yang dijuluki Google China ini.

Salah satu sumber yang mengetahui rencana ini menyebutkan Baidu sedang membukan pembicaraan awal dengan produsen mobil seperti Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd, Guangzhou Automobile Group Co Ltd dan China FAW Group Corp Ltd's Hongqi untuk mengkaji kemungkinan membentuk perusahaan patungan.

Melansir Reuters, Selasa (15/12/2020), Baidu menolak berkomentar. GAC mengatakan pihaknya memiliki kemitraan strategis dengan Baidu dan kerjasama lebih lanjut akan dibahas. Geely mengaku tidak paham dengan masalah tersebut. FAW tidak menanggapi permintaan komentar.


Insiatif pembuatan mobil listrik mandiri ini akan membuat Baidu sejajar dengan Tencent Holding, Amazon.com dan Alphabet Inc yang telah mengembangkan teknologi mobil atau berinvestasi pada startup mobil pintar.

Baidu mendirikan unit penggerak otonom Apollo pada tahun 2017. Unit ini memasok teknologi yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan bekerja dengan pembuat mobil seperti Geely, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp dan Ford Motor Co.

Baidu mengoperasikan layanan taksi otonom Go Robotaxi di Beijing, Changsha dan Cangzhou, dan berencana untuk memperluas layanan ini ke 30 kota dalam tiga tahun. Pekan lalu, Baidu memperoleh persetujuan untuk menguji lima mobil otonom di Beijing.

Pembicaraan ini setelah bulan lau Didi Chuxing meluncurkan van yang dibuat khusus untuk layanan ride-hailing dengan produsen mobil BYD Co Ltd. Sementara raksasa teknologi Sony Corp pada Januari meluncurkan mobil konsep listrik dengan fungsi self-driving.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading