Inggris Restui Vaksin Covid-19 Pfizer, Dijual Minggu Depan

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
02 December 2020 15:02
FILE PHOTO: The Pfizer logo is seen at their world headquarters in New York April 28, 2014.  REUTERS/Andrew Kelly/File Photo                            GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

Jakarta, CNBC Indonesia - Inggris menjadi negara pertama yang memberikan restu penggunaan darurat vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech untuk digunakan oleh masyarakat luas. Dengan izin ini, vaksin tersebut diprediksi akan mulai dijual ke publik pekan depan.

"Pemerintah hari ini telah menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan independen (MHRA) untuk menyetujui vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk digunakan," kata departemen kesehatan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Rabu (2/12/2020).

"Vaksin akan tersedia di seluruh Inggris mulai minggu depan," kata pernyataan itu, dengan kelompok prioritas termasuk penghuni panti jompo, staf kesehatan dan perawatan.


Inggris sendiri telah memesan 20 juta dosis vaksin Pfizer tetapi belum diketahui berapa jumlah yang akan tiba tahun ini. Vaksin ini membutuhkan dua dosis agar tubuh kebal Covid-19.

Vaksin Pfizer memiliki efektivitas mencegah Covid-19 hingga 95%. Pembuatan vaksin ini dilakukan oleh perusahaan farmasi Jerman BioNTech. Vaksin disebut memiliki kemanjuran yang sama pada semua umur dan etnis.

Masa kadaluarsa vaksin Pfizer sangat cepat. Butuh ruang pendingin bersuhu minus 70 derajat Celcius dan vaksin dapat bertahan selama 5 hari.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading