Vaksinasi Desember, Ini 2 Vaksin Covid-19 yang Dipakai AS

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 December 2020 14:13
Uji Coba Vaksin Corona Ke Manusia

Jakarta, CNBC Indonesia - Dokumen Operation Warp Speed bocor ke publik, yang mengungkapkan pengiriman vaksin Covid-19 di Amerika Serikat (AS) akan dimulai bulan Desember ini. Vaksin apa yang digunakan?

Dalam dokumen itu dinyatakan pengiriman perdana vaksin Covid-19 Pfizer akan dikirimkan pada 15 Desember 2020 dan pengiriman perdana vaksin Moderna dikirimkan pada 22 Desember 2020.

Dokumen ini diberikan kepada gubernur negara bagian AS sebelum panggilan telepon dengan Wakil Presiden Mike Pence pada Senin (30/11/2020), seperti dikutip dari CNN International, Rabu (2/12/2020).


Pfizer dan Moderna telah selesai melakukan uji klinis tahap akhir di AS. Pfizer mengajukan permohonan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 BNT162b2 pada 20 November lalu ke BPOM AS. Sementara Moderna mengajukan izin penggunaan darurat vaksin mRNA-1273 pada 30 November 2020.

Menurut data final, vaksin Moderna efektif 94,1% mencegah infeksi Covid-19 dan 100% efektif mencegah kasus penyakit yang parah. Data ini diperoleh dari uji pada 30.000 relawan.

Infografis/Mulai dari keefektifan sampai Kemudahan Distribusi Vaksin, ini Perbedaan  3 Vaksin Covid-19/Aristya RahadianInfografis: Mulai dari keefektifan sampai Kemudahan Distribusi Vaksin, ini Perbedaan 3 Vaksin Covid-19

Vaksin Pfizer memiliki efektivitas mencegah Covid-19 hingga 95%. Pembuatan vaksin ini dilakukan oleh perusahaan farmasi Jerman BioNTech. Vaksin disebut memiliki kemanjuran yang sama pada semua umur dan etnis.

Kedua vaksin ini mengandung bahan genetik yang disebut messenger RNA, atau mRNA. mRNA adalah kode genetik yang memberi tahu sel cara membuat protein dan ditemukan di lapisan luar coronavirus baru, menurut para peneliti di Kaiser Permanente Washington Health Research Institute.

MRNA menginstruksikan mekanisme seluler tubuh sendiri untuk membuat protein yang meniru protein virus, sehingga menghasilkan respons imun.

Vaksin Moderna membutuhkan ruang pendingin dengan suhu 2 hingga 8 derajat Celcius agar bisa bertahan selama 30 hari sementara ruang pendingan dengan suhu minus 20 derajat Celcius bisa membuat vaksin ini bertahan selama 6 bulan.

Sementara kadaluarsa vaksin Pfizer sangat cepat. Butuh ruang pendingin bersuhu minus 70 derajat Celcius dan vaksin dapat bertahan selama 5 hari.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mohon Doanya agar Vaksin Covid-19 Ini Bisa Dipakai November!


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading