Startup Kuliner Gibran & Chef Arnold Diguyur Dana Rp 29 M

Tech - roy, CNBC Indonesia
24 November 2020 16:53
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Startup kuliner, Mangkokku telah mendapatkan pendanaan pertamanya (seed funding) US$2 juta (Rp 29 miliar) dari Modal ventura Alpha JWC Ventures.

Mangkokku adalah startup yang menawarkan hidangan dalam bentuk rice bowl atau nasi dengan lauk yang disajikan di dalam mangkuk. Startup ini didirikan oleh Arnold Poernomo (Chef Arnold), Randy Kartadinata dan dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Saat ini Mangkokku memiliki 22 cabang di Jabodetabek dan akan merambah ke Surabaya dalam waktu dekat. Dengan pendanaan terbaru ini, Mangkokku berencana menambah jumlah gerai hingga 30 cabang di akhir 2020 dan 75 cabang di 2021.


"Kecintaan kami pada makanan Indonesia menjadi dasar berdirinya Mangkokku. Kami percaya kekuatan perusahaan ini ada pada kelezatan makanan kami dan inovasi kuliner tanpa henti," jelas Arnold seperti dikutip dari keterangan resmi, Selasa (24/11/2020).

"Namun, kami juga mengadopsi cara pandang bisnis global. Kami percaya untuk berkembang dengan pesat dan berkelanjutan, kami harus terus menyediakan produk superior dengan harga terjangkau serta menjaga standar setiap mangkuk yang tersaji. Karena itu, kami mengoperasikan sendiri semua cabang dan menggunakan peralatan berteknologi tinggi di dapur utama untuk menjaga kualitas dan konsistensi produk."

Sebagai langkah awal kembangkan bisnis, tahun depan Mangkokku akan merambah ke luar konsep rice bowl, dimulai dengan minuman, makanan penutup dan seri sambal kemasan. Dari sana, Mangkokku akan terus mengeluarkan tipe makanan dan minuman lainnya untuk menjadi solusi kuliner komplet bagi masyarakat Indonesia.

"Kami melihat bisnis kuliner sebagai sektor yang dapat diuntungkan dari pendanaan ventura dan penggunaan teknologi. Mangkokku telah menunjukkan kinerja cemerlang bahkan saat pandemi. Hal ini membuktikan bahwa produk mereka telah diterima masyarakat dengan baik. Dukungan finansial dan bisnis serta pengalaman kami sebelumnya akan membantu Mangkokku berkembang lebih cepat menjadi perusahaan besar," ujar Eko Kurniadi, Partner di Alpha JWC Ventures.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading