Vaksin AstraZeneca Efektif Lawan Covid-19, RI Sudah Pesan?

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 November 2020 10:47
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC Indonesia - AstraZeneca baru saja mengumumkan data interim vaksin Covid-19 buatannya bernama ChAdOxl nCoV-19 memiliki rata-rata keampuhan 70% dalam melindungi tubuh melawan virus corona baru. Indonesia sudah pesan?

Kabar baiknya Indonesia ternyata sudah mendapatkan komitmen vaksin AstraZeneca sebanyak 100 juta dosis. Kepastian ini didapatkan setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Inggris pada Oktober 2020.

"Saya sampaikan bahwa kunjungan kita ke London membuahkan hasil baik. Amankan tambahan vaksin buat Indonesia dari AstraZeneca," ujar Retno Marsudi beberapa waktu lalu, seperti dikutip Selasa (24/11/2020).


Presiden Joko Widodo mengungkapkan pasokan pertama vaksin AstraZeneca akan dikirimkan pada April 2021. Butuh satu setengah hingga dua dosis agar vaksin ini bekerja maksimal untuk menghalau infeksi virus Covid-19 di tubuh.

vaksin AstraZeneca dianggap sebagai 'game changer' untuk melawan Covid-19 ini. INi karena vaksin ini lebih murah dari vaksin Pfizer dan Moderna serta berpotensi lebih mudah untuk mendistribusikannya secara global sehingga sangat bermanfaat bagi negara miskin dan negara berkembang.

Financial Times melaporkan, AstraZeneca akan mengenakan biaya US$3 hingga US$4 per dosis. Vaksin ini menggunakan platform vektor adenovirus, menyuntikkan virus yang tidak aktif untuk merangsang respons kekebalan sehingga lebih stabil.

Stabilitas ini berarti dapat disimpan, diangkut, dan ditangani pada suhu lemari es normal antara 3 derajat Celcius dan 8 derajat Celcius setidaknya selama 6 bulan.

Setelah mencapai tujuannya, vaksin ini dapat "dikelola dalam alat perawatan kesehatan yang ada," kata AstraZeneca, Sehingga tak membutuhkan investasi lemari penyimpanan ultra-dingin yang mahal, seperti dikutip dari Business Insider.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading