Bos Lab Wuhan Beri Bukti Covid-19 Bukan dari Laboratoriumnya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 November 2020 18:16
Shi Zhengli (Twitter)

Jakarta, CNBC Indonesia -Direktur Laboratorium Wuhan She Zhengli mengeluarkan bukti virus corona Covid-19 tak dibuat di laboratoriumnya. Sebelumnya, Presiden AS menuding Covid-19 dibuat di laboratorium di Wuhan, China.

She Zhengli mempublikasikan uji ulang sampe darah dari sekelompok penambang yang delapan tahun lalu jatuh sakit setelah bekerja di gua kelelawar di barat daya China, yang menunjukkan tidak ada dari mereka yang terinfeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.

She Zhengli juga mempublikasi bagaimana ia dan timnya menemukan virus corona atau RaTG13 pada 2012. Data-data ini semua dipublikasikan pada jurnal ilmiah Nature, seperti dikutip dari South China Morning Post, Senin (23/11/2020).


Shi Zhengli mengepalai pusat penyakit menular di Institute Virologi Wuhan. Ia dijuluki wanita kelelawar (bat woman) karena menemukan virus corona pada 2012 silam.

Wuhan Instititure of VirologyFoto: Wuhan Instititure of Virology (ist)

Seiring merebaknya Covid-19 ia dituding sebagai pencipta virus Covid-19 di laboratorium. Virus Covid-19 ditengarai berasal dari Kelelawar. Tudingan itu berasal dari publikasinya bahwa urutan genetika vaksin corona lama 96% indentik dengan virus Covid-19.

Pada saat itu, ia menyarankan bahwa kelelawar bisa saja jadi inang awal virus Covid-19 tetapi inang perantara dari kelelawar hingga manusia belum diindentifikasi.

Nah, publikasi baru ini membantah tudingan bahwa Shi Zhengli membuat virus Covid-19. Tidak ada virus yang dikumpulkan Shi Zhengli bersama tim dari hewan sebelum abwah Covid-19 menyerang Wuhan pada pertengahan tahun lalu.

Tim World Health Organization (WHO) sendiri telah memulai penyelidikan asal-usul virus Covid-19 pada Oktober lalu dengan menggandeng ilmuwan China dan hingga kini belum dipublikasikan hasilnya.


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading