Menlu AS: Ada Bukti Besar Corona Berasal dari Lab Wuhan

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
04 May 2020 13:53
Sekretaris Negara AS Mike Pompeo berbicara selama konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr di Kantor Departemen Luar Negeri Filipina di Manila, Filipina, Jumat, 1 Maret 2019. (AP / Andrew Harnik, Pool)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan ada "sejumlah bukti" virus corona Covid-19 berasal dari Laboratorium Wuhan di China.

"Ada sejumlah besar bukti bahwa ini [virus corona] berasal dari laboratorium di Wuhan," kata Pompeo kepada ABC dan dilansir dari Reuters, Senin (4/5/2020).


Dalam wawancara tersebut, Mike Pompeo sempat membantah pernyataan dari lembaga intelijen negara yang menyatakan virus ini tidak dibuat oleh manusia atau dimodifikasi secara genetik.


"Para ahli terbaik sejauh ini tampaknya berpikir itu buatan manusia. Saya tidak punya alasan untuk tidak mempercayai hal itu pada saat ini, "kata Pompeo.

Namun ketika dikonfrontir dengan kesimpulan dari badan-badan intelijen AS, Mike Pompeo terlihat ragu ketika menjawab.

"Saya telah melihat apa yang dikatakan komunitas intelijen. Saya tidak punya alasan untuk menyatakan bahwa mereka salah," jelasnya.

Pernyataan Mike Pompeo dalam wawancara ini langsung ditanggapi media China Global Times, yang dijalankan partai berkuasa di China People's Daily. Dalam editorialnya, mereka menyebut Mike Pompeo tidak memiliki bukti virus corona datang dari Laboratorium di Wuhan dan Menlu AS ini hanya menggertak saja.

"Pemerintahan Trump terus terlibat dalam perang propaganda yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika mereka mencoba untuk menghalangi upaya global dalam memerangi pandemi COVID-19," tulis editorial China Global Times.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading