Merasa Beruntung Belum Kena Covid? Bisa Jadi ini Penyebabnya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 August 2022 08:45
Tenaga kesehatan mengikuti Vaksinasi COVID-19 booster kedua di Rumah Sehat Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta, Selasa (9/8/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Tenaga kesehatan mengikuti Vaksinasi COVID-19 booster kedua di Rumah Sehat Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta, Selasa (9/8/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 sudah terjadi hampir tiga tahun. Jutaan orang tercatat sudah terinfeksi virus ini, bahkan ada yang berkali-kali. Meski begitu ada sebagian orang yang ternyata belum pernah terinfeksi Covid-19 sama sekali.

Dokter spesialis penyakit menular Paul Griffin menyatakan faktor keberuntungan bisa jadi alasan seseorang belum pernah terinfeksi Covid-19.


Namun, Griffin juga mengingatkan faktanya tidak semudah itu. Penelitiannya menemukan ada sejumlah orang dengan tingkat sel-T yang lebih tinggi.

Sebagai informasi, tingkat sel-T yang lebih tinggi menunjukkan kekebalan pada virus Corona penyebab Covid-19. Griffin menyatakan ini menunjukkan kemungkinan banyak orang sudah terinfeksi tetapi tak menyadarinya.

"Sekitar setengah dari orang-orang dalam penelitian telah terpapar atau mungkin terinfeksi namun mereka tidak sadar," kata dia, seperti dikutip dari ABC News.

Sementara itu, sebuah statistik mencatat kelompok usia 70-79 tahun adalah yang paling sedikit terkena Covid-19 dan diikuti kelompok usia di atas 80 tahun, serta mereka berusia 60 hingga 69 tahun.

Untuk jumlah kasus terendah keempat per 100 ribu penduduk terjadi pada kelompok anak berusia di bawah 10 tahun.

Sekitar setengah dari orang-orang dalam penelitian telah terpapar atau mungkin terinfeksi namun mereka tidak sadarDokter spesialis penyakit menular Paul Griffin

Sementara itu, orang berusia 20 tahun-an adalah yang paling banyak terinfeksi dengan perempuan menjadi kasus terbanyak dibandingkan laki-laki.

Penyebab orang berusia muda jadi yang paling banyak tertular adalah mereka jadi orang yang harus menunggu lebih lama mendapatkan vaksin di awal pandemi. Saat itu vaksin pandemi masih diprioritaskan bagi lansia.

Generasi muda juga rentan terkena Covid-19 karena berada di lingkungan dengan risiko yang tinggi seperti rumah sakit, bar, dan juga kafe.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ada Covid-19 Varian Asal RI


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading