Perhatian! Vaksin AstraZeneca Ampuh Lawan Covid-19 Hingga 70%

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
23 November 2020 15:20
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan vaksin asal Inggris AstraZeneca mengumumkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan memiliki tingkat kemanjuran rata-rata 70%. Ini merupakan data uji klinis tahap awal uji klinis fase tiga.

Kepala eksekutif AstraZeneca Pascal Soriot dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa hasil itu merupakan hasil yang meyakinkan untuk dapat digunakan secara aman.

"Kemanjuran dan keamanan vaksin ini mengkonfirmasi bahwa itu akan sangat efektif melawan Covid-19 dan akan berdampak langsung pada keadaan darurat kesehatan masyarakat ini," ucap Soriot, seperti dilansir dari AFP, Senin (23/11/2020).


Tingkat kemanjuran vaksin AstraZeneca memang masih di bawah rival AstraZeneca, Pfizer / BioNTech dan Moderna yang efektif hingga di atas 90% melawan Covid-19. Namun ini di atas syarat yang diajukan oleh Food and Drug Administration (FDA) AS yang mematok syarat minimal 50%.

Saat ini perusahaan vaksin global sedang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin agar hidup kembali normal seperti dahulu.

Sejauh ini baru Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca yang mengumumkan keampuhan vaksin mereka sementara beberapa perusahaan lain seperti Sinovac dan Sinopharm masih dalam tahap pengujian, meskipun belum dilaporkan dampak serius dari penggunaan kedua vaksin tersebut dalam masa uji coba.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading