Biar Tak Keliru, Ini Sederet Mitos Soal Vaksin

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 November 2020 13:52
A worker inspects vials of SARS CoV-2 Vaccine for COVID-19 produced by SinoVac at its factory in Beijing on Thursday, Sept. 24, 2020. A Chinese health official said Friday, Sept. 25, 2020, that the country's annual production capacity for coronavirus vaccines will top 1 billion doses next year, following an aggressive government support program for construction of new factories. (AP Photo/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia- Vaksin Covid-19 menjadi sorotan dan ditunggu banyak orang. Meski begitu, ada banyak mitos beredar terkait dengan vaksin yang beredar di dunia maya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam/Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe menyebut setidaknya ada dua mitos terkait dengan vaksin, yang pertama adalah soal vaksin itu tidak aman.

"Itu keliru. Vaksin dapat digunakan luas, sudah melalui penelitian panjang dan evaluasi BPOM. Keamanan vaksin terus dipantau saat setelah digunakan," katanya di Jakarta, Senin (23/11/2020).


Mitos kedua adalah ada yang menyebut bahwa vaksin itu tidak ada gunanya. Termasuk juga bawah vaksin tidak efektif.

"Itu keliru. vaksin melatih sistem imunitas, agar mampu membentuk antibodi. Vaksin punya keunggulan tak dimiliki upaya pencegahan yang lain. Vaksin spesifik, sehingga dapat bekerja secara langsung. Dengan vaksin ada perlindungan spesifik," tegasnya.

Faktanya, lanjut dr Dirga, vaksin adalah hal yang menarik. Vaksin merupakan produk biologis yang rentan dengan perubahan suhu.

"Suhu tertentu 2-8 derajat. Itu mesti dijaga dari pabrik sampai vaksin datang ke Puskesmas. Indonesia sudah siap. Sampai sekarang kita siap, sejak 1970-an, agar vaksin bisa didistribusikan sampai pelosok," pungkasnya.

Pemerintah akan merencanakan vaksinasi Covid-19 mulai 2021 mendatang. Namun, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat menjalankan protokol kesehatan secara ketat, sambil menunggu vaksin Covid-19 tersedia. Ini akan menghindarkan masyarakat terinfeksi virus corona Covid-19.

"Vaksin yang terbaik sekarang adalah vaksin patuh kepada protokol kesehatan. #pakaimasker, #jagajarak dari kerumunan dan #cucitangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan disinfektan," pungkas Doni Monardo.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading