Jepang Terbitkan Uang Digital Yen Tahun Depan, Tiru China?

Tech - roy, CNBC Indonesia
19 November 2020 13:25
FILE PHOTO: A Japan Yen note is seen in this illustration photo taken June 1, 2017. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - 30 lebih perusahaan besar Jepang akan memulai penggunaan mata uang digital Yen sendiri untuk mempromosikan digitalisasi di salah satu negara yang paling banyak menggunakan uang tunai.

Langkah ini mengikuti rencana bank sentral Jepang, Bank of Japan, baru-baru ini yang akan menerbitkan yen digital, sebagai salah satu cara mengikuti perkembangan global dalam bisnis teknologi keuangan.

Grup ini terdiri dari tiga bank terbesar di Jepang, perusahaan telekomunikasi hingga perusahaan ritel, yang akan menerbitkan mata uang digital eksperimental dengan menggunakan platform digital umum.


"Jepang punya banyak platform digital, tak salah satu dari mereka yang cukup besar untuk mengalahkan pembayaran tunai," ujar Hiromi Yamaoka, mantan eksekutif Bank of Japan yang menjadi chairman grup ini, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/11/2020).

"Kami tidak ingin membuat platform jenis silo lainnya. Hal yang kami ingin lakukan adalah membuat kerangka kerja yang dapat membuat berbagai platform saling kompatibel."

Dalam percobaan ini bank swasta akan bertanggung jawab untuk mengeluarkan uang digital, meski tidak menutup kemungkinan pihak lain menerbitkan uang digital yen.

Jepang merupakan yang masih tinggi penggunaan uang tunai dalam bertransaksi. Penggunaan non tunai hanya 20% dari total transaksi pembayaran, ini jauh dari AS di mana transaksi non tunai sudah mencapai 45% dan China yang menyentuh 70%.

Namun mata uang digital ini berbeda dengan China. Pasalnya penerbit uang digital Yuan adalah bank sentral China, People Bank of China (PBoC). Uang digital ini sedang diujicobakan di beberapa gerai ritel dengan nilai transaksi sudah mencapai Rp 4,3 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading