Kenakan Biaya Rp 10.000/Bulan, Jenius Punya 2,8 Juta Pengguna

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
12 November 2020 14:02
foto : Ist/jenius.com

Jakarta, CNBC Indonesia- Jenius, digital banking PT Bank BTPN, akan mengenakan biaya layanan sebesar Rp 10.000 per bulan mulai Januari 2021. Biaya yang disebut sebagai Feesible ini akan dikenakan kepada seluruh pengguna, kecuali official payroll partnerJenius dari Bank BTPN.

Hal ini jelas membuat kaget sejumlah pengguna yang terlihat dari obrolan mengenai Jenius di Twitter. Bahkan Jenius menjadi trending topics di Twitter pada hari ini, Kamis (12/11/2020).

Pasalnya Jenius yang diluncurkan sekitar 4 tahun lalu, atau pada Agustus 2016, selama ini tidak mengenakan biaya apapun, alias gratis. Jenius pun terkenal sebagai aplikasi digital banking yang gratis dan mudah.


Aplikasi ini juga merupakan salah satu pelopor dalam digital bangking, di saat bank lain masih mengandalkan konsep internet banking dan mobile banking. Jenius pun termasuk yang pertama dalam pembukaan rekening bank tanpa harus ke cabang.

Pasca Jenius membuat layanan-layanan tersebut, sejumlah bank lain pun menerapkan langkah serupa. Dari satu-satunya, Jenius saat ini memiliki beberapa pesaing di perbankan dan layanan dompet digital fintech.

Berdasarkan publikasi resmi dari Bank BTPN, Jenius saat ini memiliki 2,8 juta pengguna hingga akhir September 2020. Jumlah pengguna itu meningkat 37% dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun oleh Bank BTPN melalui Jenius tercatat Rp 12,2 triliun hingga kuartal III-2020, naik 136% dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Pertumbuhan jumlah pengguna dan dana pihak ketiga Jenius tidak lepas dari kebutuhan masyarakat yang makin meningkat terhadap produk simpanan di era pandemi ini," ujar Direktur Utama Bank BTPN, Ongki Wanadjati Dana mengutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Sebelumnya Jenius menyatakan akan mengenakan biaya sebesar Rp 10.000 per bulan mulai Januari 2021. Biaya yang disebut sebagai Feesible ini akan dikenakan kepada seluruh pengguna, kecuali official payroll partnerJenius dari Bank BTPN.

"Sesuai dengan kebijakan bank, Feesible berlaku bagi seluruh pengguna Jenius terhitung sejak Januari 2021. Untuk saat ini, tidak tersedia opsi untuk tidak berlangganan, tulis keterangan dalam informasi mengenai Feesible Jenius, Kamis (12/11/2020).

Dasar pengenaan biaya ini adalah untuk mendukung inovasi dari Jenius ke depan. Jenius memastikan semuanya tetap transparan dan biaya yang dikeluarkan untuk Feesible tetap terjangkau.

Biaya Feesible akan dikenakan kepada pengguna Jenius setiap bulannya dengan menarik dana sebesar Rp 10.000 dari saldo aktif. "Jika Saldo Aktif kamu kosong atau kurang dari Rp10.000, maka Feesible di bulan tersebut akan ditagihkan kembali secara berkala," tulis pernyataan Jenius.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading