Sebelum Biaya Feesible, Jenius Juga Kenakan Biaya-biaya Ini

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
12 November 2020 15:51
Ist/jenius.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Jenius, digital banking PT Bank BTPN, pada hari ini mengumumkan akan mengenakan biaya layanan Rp 10.000 per bulan mulai Januari 2020. Kebijakan ini diambil setelah lebih dari 4 tahun Jenius tidak mengenakan biaya layanan.

Namun, sebelum kebijakan ini, Jenius sebelumnya juga pernah mengenakan biaya bagi akun yang tidak aktif alias dormant selama enam bulan, biaya transfer dan isi ulang atau top up e-wallet.

Pertama, untuk biaya akun tidak aktif, dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu, efektif pada bulan ke tujuh. Adapun kebijakan ini mulai berlaku pada 1 September 2020.


Sementara itu, Jenius juga mengenakan biaya transfer ke bank lain melalui aplikasi Jenius yang juga efektif per September 2020. Biaya tersebut sebelumnya Rp 3.000 per transaksi menjadi Rp 5.000 per transaksi. Biaya ini dikenakan setelah kuota bebas biaya di menu Awards telah habis.

Selain itu, mengacu pada kebijakan partner, Jenius melakukan penyesuaian tarif biaya administrasi top up e-wallet yang awalnya Rp 1.000 menjadi Rp 1.500 per transaksi. Kebijakan ini berlaku mulai 27 Agustus 2020. Biaya ini juga dikenakan setelah kuota bebas biaya di menu Awards telah habis.

Hari ini, Jenius menjadi trending topic di twitter, terkait kebijakan biaya. Jenius akan mengenakan biaya layanan sebesar Rp 10.000 per bulan mulai Januari 2021. Biaya yang disebut sebagai Feesible ini akan dikenakan kepada seluruh pengguna, kecuali official payroll partner Jenius dari Bank BTPN.

Hal ini jelas membuat kaget sejumlah pengguna yang terlihat dari obrolan mengenai Jenius di Twitter. Pasalnya Jenius yang diluncurkan sekitar 4 tahun lalu, atau pada Agustus 2016, selama ini tidak mengenakan biaya apapun, alias gratis. Jenius pun terkenal sebagai aplikasi digital banking yang gratis dan mudah.

Berdasarkan publikasi resmi dari Bank BTPN, Jenius saat ini memiliki 2,8 juta pengguna hingga akhir September 2020. Jumlah pengguna itu meningkat 37% dibandingkan dengan setahun sebelumnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading