Huawei Luncurkan 'Serangan Baru' Lawan Perintah Blokir Swedia

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 November 2020 17:44
In this Oct. 31, 2019, photo, attendees walk past a display for 5G services from Chinese technology firm Huawei at the PT Expo in Beijing. Chinese tech giant Huawei is asking a U.S. federal court to throw out a rule that bars rural phone carriers from using government money to purchase its equipment on security grounds, announced Thursday, Dec. 5, 2019. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies mengajukan banding atas keputusan Pemerintah Swedia yang memblokir teknologi 5G milik perusahaan. Ini sebagai bentuk perlawanan baru raksasa teknologi China atas tudingan perangkatnya berbahaya.

"Apa yang terjadi saat ini, kami akan mengirimkan pengajuan banding ke pengadilan Stockholm. Setelah itu mereka akan menangani kasus ini," ujar regulator telekomunikasi Swedia PTS, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (6/11/2020).

Bulan lalu, Swedia mengumumkan akan memblokir perangkat dan teknologi 5G dari Huawei dan ZTE Corp dengan alasan keamanan nasional. Swedia bergabung dengan negara Eropa lain yang juga mengecualikan Huawei dalam pembangunan infrastruktur 5G.


"Kami pikir keputusan yang telah diambil tidak baik untuk pelanggan atau untuk Swedia secara umum," ujar Kenneth Fredriksen, Vice President Executive Huawei, Eropa Timur Tengah dan Wilayah Nordik.

"Karena itu, kami ingin pengadilan Swedia memeriksa apakah keputusan tersebut telah diambil melalui proses yang tepat dan sesuai dengan hukum."

Beberapa negara Eropa telah meningkatkan pengawasan pada perusahaan China yang membangun jaringan 5G menyusul tekanan diplomatik dari Amerika Serikat, yang menuduh peralatan Huawei dapat digunakan oleh Beijing untuk memata-matai. Huawei berulang kali membantah menjadi risiko keamanan nasional.

PTS telah memerintahkan operator telekomunikasi yang ambil bagian dalam lelang spektrum 5G untuk menghapus perangkat Huawei dan ZTE Corp dari infrastrukturnya paling lambat 1 Januari 2025.

Swedia diprediksi akan mulai melakukan lelang spektrum 5G Lelang minggu depan dan keputusan blokir ini menguntungkan pesaing Huawei, Nokia dan Ericsson.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading