Huawei Diblokir, Samsung Pasok Chipset ke Oppo, Xiaomi & Vivo

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 November 2020 14:11
samsung

Jakarta, CNBC Indonesia - Sanksi Trump ke Huawei menjadi keuntungan bagi Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini dikabarkan akan memasok chipset Exynos kepada Xiaomi dan Oppo setelah sebelumnya Vivo.

Business Korea melaporkan divisi Bisnis LSI Samsung akan memasok chipset Exynos ke produse ponsel China Xiaomi, Oppo, dan Vivo pada semester pertama 2020. Chipset ini untuk ponsel murah (bugdet), seperti dikutip Rabu (4/11/2020).

Divisi LSI Bisnis merupakan pemasok utama chipset ponsel Samsung Galaxy hingga pertengahan 2020. Setelah divisi ini berusaha mengurangi ketergantungan pada Samsung dan mencari konsumen baru karena margin usaha yang tipis.


Salah satu produsen smartphone China yang menggunakan jasa perusahaan ini adalah Vivo yang menyematkan Exynos 980 dan Exynos 880 pada 2020.

Pelanggan baru ini adalah berkah dari sanksi Trump terhadap Huawei. Xiaomi dan Oppo perlu mengamankan pasokan chipset tambahan untuk memperluas produksi setelah ada kekosongan pasar yang ditinggalkan Huawei.

Peningkatan permintaan ini pun diperkirakan akan meningkatkan pangsa pasar Samsung di pasar chipset, diperkirakan peringkatnya akan naik ke posisi tiga mendekati Qualcomm, dan MediaTek.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading