Netflix Naikkan Biaya Berlangganan Streaming Film

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 October 2020 11:29
FILE- In this Nov. 4, 2017, file photo, the logo of American entertainment company Netflix is pictured at the Paris games week in Paris. Netflix, Inc. reports earnings Monday, April 16, 2018. (AP Photo/Christophe Ena, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix memutuskan menaikkan biaya berlangganan paket standar menjadi US$13,99 per bulan dan paket premium jadi US$17,99 per bulan.

Sebelumnya kebijakan baru ini, pengguna Netflix dikenakan biaya berlangganan paket standar US$12,99 dan paket premium US$ 15,99. Adapun biaya paket basic tetap US$8,99 per bulan.

"Pelanggan Netflix saat ini akan melihat kenaikan harga pada tagihan dalam dua bulan ke depan. Pelanggan akan mendapat pemberitahuan 30 hari sebelum perubahan tarif," ujar Netflix seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (30/10/2020).


Menurut catatan CNBC International, ini kali pertama Netflix menaikkan biaya berlangganan sejak Januari 2019. Sebelumnya biaya berlangganan paket basic, standar, dan premium masing-masing seharga US$ 8, US$ 11, dan US$ 14.

Pada pengumuman kinerja keuangan terbaru perusahaan, chief operating officer Greg Peters sebenarnya sudah mengisyaratkan soal kenaikan biaya biaya berlangganan di masa datang.

Dia mengatakan jika Netflix terus melakukan pekerjaan yang baik dalam berinvestasi di konten asli (Netflix Originals) untuk memberikan nilai lebih bagi pengguna, maka Netflix merasa "ada kesempatan untuk sesekali meminta para member yang telah mendapatkan manfaat lebih, untuk membayar sedikit lebih banyak."

Kabar baiknya, kenaikan biaya berlangganan ini tidak akan dirasakan pengguna di Indonesia. "Perubahan harga hanya berlaku untuk AS saja, tidak berlaku untuk Indonesia," ujar Juru Bicara Neflix Indonesia.

Biaya berlangganan Netflix di Indonesia telah naik pada September lalu. Ini karena pengguna harus menanggung pajak pertambahan nilai (PPN) 10%.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading