Netflix Bakal Kenakan Biaya Tambahan Berlangganan, Berapa?

Tech - Intan Rakhmayanti, CNBC Indonesia
24 April 2022 11:00
FILE PHOTO: The Netflix logo is seen on their office in Hollywood, Los Angeles, California, U.S. July 16, 2018. REUTERS/Lucy Nicholson/File Photo Foto: Netflix (REUTERS/Lucy Nicholson)

Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix mengejutkan dunia pekan ini, dengan mengatakan mereka akhirnya akan mengambil tindakan praktik berbagi kata sandi yang merajalela.

Tetapi platform streaming video tersebut tidak berencana untuk membekukan akun yang digunakan bersama. Sebagai gantinya, perusahaan akan mengenakan biaya tambahan untuk akun-akun yang digunakan oleh banyak orang yang tidak tinggal dalam satu rumah.


Rencana Netflix itu akan dimulai dengan peringatan yang dikirim ke pemegang akun yang kata sandinya digunakan bersama tapi tidak tinggal dalam satu atap.

Perusahaan sudah mulai melakukan pengujian fitur ini di Peru, Kosta Rika, dan Chili. Untuk akun yang berbagi kata sandi, Netflix mengenakan biaya tambahan "sub-akun" hingga dua orang di luar rumah. Harganya berbeda per negara - sekitar US$2,13 per bulan di Peru, US$2,99 di Kosta Rika, dan US$2,92 di Chili.

Perusahaan juga mengizinkan orang yang menggunakan kata sandi bersama untuk mentransfer informasi profil pribadi mereka ke akun baru atau sub-akun. Cara ini memungkinkan mereka untuk menyimpan riwayat penayangan dan rekomendasi.

"Jika Anda memiliki saudara perempuan, katakanlah, yang tinggal di kota yang berbeda, Anda ingin berbagi Netflix dengannya, itu bagus," kata Chief Operating Officer Greg Peters selama panggilan konferensi pendapatan perusahaan, dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (24/4/2022).

"Kami tidak mencoba untuk menghentikan berbagi itu, tetapi kami akan meminta Anda untuk membayar sedikit lebih banyak untuk dapat berbagi (kata sandi) dengannya dan agar dia mendapatkan manfaat dan nilai layanan, tetapi kami juga mendapatkan pendapatan yang terkait dengan penayangan itu," imbuhnya.

Netflix tidak mengatakan berapa banyak pendapatan yang diharapkan dari penerapan strategi berbagi tersebut. meskipun Peters mengatakan dia pikir akan memakan waktu sekitar satu tahun untuk menerapkan harga sub-akunnya secara global.

Peters mengatakan, perusahaan masih dapat mengubah harga atau meninjau kembali cara baru dalam berbagi akun di Netflix.

"Ini akan memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan ini dan untuk mendapatkan keseimbangan itu dengan benar," tuturnya,


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Neflix Uji Aturan Baru Streaming Film, Tak Bisa Nobar Lagi?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading