Kenapa Game Roblox Tiba-tiba Populer?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 October 2020 13:43
Roblox

Jakarta, CNBC Indonesia - Game sandbox, Roblox tiba-tiba populer di era pandemi Covid-19. Pada Bulan Juli lalu para gamer menghabiskan 3 miliar jam bermain Roblox, naik dua kali lebih banyak dari bulan sebelumnya. Apa yang membuat game ini tiba-tiba populer?

Pada dasarnya Roblox merupakan sandbox yang membuat penggunanya bisa membuat game sendiri. Mereka bisa membuat simulasi mulai dari memelihara hewan buas hingga membuat sebuah pesta meriah.

Roblox mirip seperti Minecraft, memberikan tempat seluas-luas bagi penggunanya untuk mewujudkan imajinasinya. Sejak dirilis 2006 silam, Roblox telah menjadi tempat 'berkumpul' anak-anak. beberapa organisasi juga menggunakan Roblox untuk mengajari anak-anak coding.


Fakta menariknya adalah pengguna bisa menghasilkan uang dari platform ini. Roblox memang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk me-monetisasi karyanya di Roblox. Mereka bisa menjual item dalam game seperti pakaian virtual atau hewan peliharaan dan mendapat uang sungguhan.

"Saya melakukan ini karena saya menikmatinya. Faktanya saya dibayar ketika bermain ini jadi saya tidak harus mencari pekerjaan," ujar CJ Oyer, seorang developer game Roblox berusia 22 tahun dan mahasiswa desain game di salah satu Universitas AS, seperti dikutip dari CNN International, Rabu (28/10/2020).

Fakta lainnya, Roblox relatif lebih mudah dimainkan ketimbang game sejenis seperti Unity. Orang tua memiliki kontrol yang kuat terhadap game ini.

Masalah dari game ini adalah ketika anak menghabiskan uang untuk membeli tool atau item dalam game tanpa diketahui orang tua.

Roblox sendiri memang bisnis besar. Hingga awal Oktober, Developer Roblox sudah mengumpulkan US$2 miliar dari game seluler. Tahun ini pengembang Roblox diprediksi akan mencatatkan pendapatan US$250 juta lebih.


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading