Jadi Orang Terkaya di Usia Muda Bukan Mitos, Nih Buktinya!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 October 2020 10:35
Infografis: 10 Negara dengan Populasi Orang Kaya Terbanyak di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Jadi salah satu orang terkaya di dunia di usia muda ternyata bukanlah mitos. Beberapa anak muda di China sudah membuktikannya. Memiliki harga di atas US$1 miliar ketika berusia muda.

Berdasarkan riset Hurun Rich List yang dipublikasi minggu lalu, kini ada 60 orang terkaya China yang berusia di bawah 40 tahun. Jika digabungkan total kekayaan mereka tembus US$233 miliar atau setara Rp 3.401,8 triliun (asumsi Rp 14.600/US$).

Bahkan pada semester I-2020, ada 14 orang terkaya baru di China. Mereka menjadi orang terkaya di China karena booming sektor teknologi di Tiongkok dan serentetan aksi korporasi initial publik offering (IPO), seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (28/10/2020).


Berikut beberapa anak muda berusia di bawah 40 tahun yang sudah menjadi orang terkaya di China:

1. Yiming Zhang (Harta US$16,2 miliar)

Yiming Zang, berusia 37 tahun, merupakan salah satu pendiri dan CEO Bytedance, startup paling bernilai di dunia saat ini. Bytedance merupakan induk aplikasi video pendek populer TikTok.

2. Zetian Zhang (Harta US$23,5 miliar)

Kekayaan Zetian Zhang berasal dari e-commerce JD.com, yang bisnisnya tumbuh pesat selama pandemi Covid-19. Wanita berusia 27 tahun ini menduduki jabatan chif fashion advisor di bisnis barang mewah JD.com. Ia juga merupakan istri dari Qiangdong Liu, pendiri dan CEO JD.com.

3. Tianshi Chen (Harta US$3,1 miliar)

Tianshi Chen merupakan salah satu pendiri dan CEO produsen chip Cambricon Technologies. Pria berusia 35 tahun ini mendirikan perusahaan ini pada 2016 dan kini teknologi yang dikembangkan perusahaan sudah digunakan di 100 juta lebih smartphone.

4. Wei Cheng (Harta US$2,8 miliar)

Wei Cheng merupakan pendiri dan CEO DiDi Chuxing, raksasa ride-hailing asal China. Setelah menghabiskan 8 tahun bekerja di Alibaba Group, ia memutuskan untuk meluncurkan DiDi Chuxing di 2012. Saat ini Wei Cheng berusia 37 tahun.

5. Yixiao Cheng (Harta US$3,1 miliar)

Yixiao Cheng merupakan salah satu pendiri platform video pendek Kuaishou. Pria berusia 35 tahun ini yang memulai karirnya sebagai insinyur perangkat lunak di HP, sekarang kekayaan bersihnya ditaksir lebih dari US$ 3 miliar.

6. Xiang Li (Harta US$3,5 miliar)

Xiang Li merupakan pendiri Li Auto, perusahaan pembuat kendaraan listrik. Pria berusia 39 tahun ini dijuluki Elon Musk China. Juli lalu ia mencatatkan saham perusahan di bursa saham AS dengan valuasi US$10 miliar.

7. Gang Ye (Harta US$4,9 miliar)

Gang Ye lahir di China tetapi menemukan peruntungannya di Singapura. Ia merupakan salah satu pendiri SEA, induk usaha Shopee dan Garena Free Fire. Kekayaan pria 39 tahun ini meningkat dari booming game oline saat orang bosan di rumah saja selama pandemi.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading