Wow! Baru 12 Tahun, Youtuber Ini Bisa Beli Alphard Sendiri

Tech - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
09 July 2020 15:33
Alyssa Dezek (Tangkapan Layar Youtube Alyssa Dezek)

Jakarta, CNBC Indonesia - YouTuber Malaysia Alyssa Dezek baru-baru ini menjadi berita utama setelah mengumumkan bahwa ia telah membeli mobil pertamanya. Gadis berusia 12 tahun itu memberi tahu kepada pengikutnya, bahwa ia membeli mobil dengan uang pribadinya senilai RM360.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Menurut mStar, postingan Alyssa mendorong beberapa pengguna untuk mengkritik orang tuanya karena tidak membantu mengatur keuangannya. Para penggemar merasa bahwa penghasilan Alyssa harus diberikan untuk investasi masa depan lainnya seperti pendidikannya.

Ibu Alyssa, Suzanne Dezek menanggapi reaksi dengan mengatakan bahwa sebagai orang tua, dia menghormati keputusan putrinya untuk membeli kendaraan demi kenyamanannya sendiri.

"Menurut pendapat saya, itu uangnya sendiri dan dia menginginkan mobil itu sehingga dia dapat menggunakannya untuk bepergian dengan nyaman untuk bekerja, seperti menembak," kata Suzanne kepada mStar.

Aryanna Alyssa Dezek. (Foto: Harian Metro via detikcom)Foto: Aryanna Alyssa Dezek. (Foto: Harian Metro via detikcom)



Suzanne mengklaim bahwa dia dan suaminya telah membeli rumah untuk Alyssa dan saudara lelakinya Aaron. Kendati Alyssa masih aktif terlibat dalam dunia hiburan, namun pendidikannya masih menjadi prioritas utama.

"Kami juga memiliki tabungan baginya untuk melanjutkan studinya nanti," papar Suzanne.

Suzanne menambahkan bahwa dia dan ayah Alyssa tidak bergantung pada putri mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Penghasilan Alyssa berasal dari saluran YouTube-nya di mana ia memiliki lebih dari tiga juta pengikut, dengan video yang telah mengumpulkan lebih dari 300 juta tampilan.

Situs pelacakan media sosial Social Blade memperkirakan bahwa penghasilan Alyssa dapat berkisar dari US $ 7.000 (Rp 101 juta) hingga US $ 100.000 (Rp 1,4 miliar) per bulan dari YouTube. Meski begitu, angka itu hanya diambil secara kasar dan tidak dimaksudkan untuk diambil secara definitif.

"Kami mengambil nilai CPM (biaya per mil) rendah (US $ 0,25 / RM1) dan CPM tinggi (US $ 4 / RM17), angka yang kami anggap biasa dari mitra kami dan kalikan dengan jumlah tampilan yang didapat saluran per hari. Ini mengasumsikan bahwa setiap tampilan pada saluran mitra adalah uang, yang biasanya tidak demikian," kata Social Blade dalam FAQ-nya.

Karier Alyssa di YouTube dimulai pada 2013 ketika ia dikenal karena memposting sampul lagu pada usia lima tahun. Selain dari YouTube, ia juga merilis single, muncul di berbagai kampanye iklan dan juga berakting.

YouTubers muda menghasilkan banyak pendapatan dari platform mereka bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, pada 2019, Forbes melaporkan bahwa Ryan Kaiji yang berusia delapan tahun juga menjadi YouTuber dengan bayaran tertinggi dengan perkiraan penghasilan US $ 26 juta (Rp 375 miliar).

Laporan itu juga menyebutkan bahwa YouTuber Anastasia Radzinskaya yang berusia enam tahun dengan pendapatan US $ 18 juta (Rp 259 miliar). Keduanya memiliki peringkat tinggi dari Felix Kjellberg atau lebih dikenal sebagai PewDiePie, merupakan salah satu YouTuber paling banyak pelanggan di dunia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading