NASA Gandeng Nokia Bangun Internet 4G di Bulan, Buat Apa?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 October 2020 19:10
Ilustrasi Gerhana Bulan

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Antariksa AS (NASA) menggandeng Nokia untuk membuat jaringan internet 4G. Tujuannya pada 2028 NASA akan membangun pangkalan di Bulan.

Untuk membangun pangkalan Bulan, NASA menggelontorkan dana hingga US$370 juta atau setara Rp 5 triliun (asumsi Rp 14.800/US$) kepada lebih dari selusin perusahaan untuk mengembangkan teknologi di permukaan Bulan.

Inovasi tersebut termasuk pembangkit listrik jarak jauh, pembekuan kriogenik, robotika, pendapatan yang lebih aman di Bulan dan 4G. Untuk pembangunan 4G ini NSA memberikan Bell Labs Nokia senilai US$14,1 juta.


NASA mengungkapkan infrastruktur jaringan 4G akan ditingkatkan menjadi 5G. Dalam membangun internet 4G, Nokia akan menggandeng perusahaan rekayasa luar angkasa Intuitive Machines.

Nokia Bell Labs mengatakan para astronot akan menggunakan jaringan nirkabel ini untuk transmisi data, mengendalikan mesin penjelajahan bulan, navigasi, hingga streaming video high definition.

Jaringan 4G di Bumi didukung oleh menara seluler raksasa dengan pembangkit listrik dan radio yang sangat besar. Namun, Nokia Bell Labs membantu menciptakan teknologi sel kecil yang jangkauannya lebih terbatas, seperti dikutip dari CNN International, Senin (19/10/2020).

Seorang pelawak asal Inggris John Oliver bercanda bahwa 4G di Bulan akan lebih labik ketimbang di Bumi. Alasannya, tidak ada pohon, bangunan, atau sinyal TV yang mengganggu sinyal 4G.


(roy/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading