NASA Peringatkan Asteroid Bakal Tabrak Bumi Lagi, Bahaya?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 October 2020 18:35
Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengingatkan bahwa ada potensi suatu hari nanti Asteroid akan kembali menabrak Bumi.

Hingga kini, Asteroid masih menjadi salah satu ancaman bagi kehidupan di Bumi dan menurut NASA akan selalu begitu. Salah satu tabrakan Asteroid yang memengaruhi Bumi adalah 66 juta tahun lalu di mana batu luar angkasa ini membuat dinosaurus punah dari Bumi.

Baru-baru sebuah Asteroid yang dikenal dengan nama Apophis diprediksi akan menabrak Bumi pada 2028 atau 2029. Namun hal ini terbukti salah sebab batu luar angkasa ini hanya melewati Bumi saja.


Meskipun demikian, NASA memprediksi sebuah asteroid akan menabrak bumi suatu hari nanti, tetapi tidak dalam "waktu dekat".

"Sejumlah film baru-baru ini telah membahas tentang subjek ini. Penting untuk diingat bahwa itu hanya film dan sering kali tidak mewakili sains yang baik atau benar," ujar NASA seperti dikutip dari The Sun, Kamis (1/20/2020).

Berdasarkan perhitungan NASA, kejadian tabrakan antara Asteroid dengan Bumi yang mengakibatkan kerusakan besar "rata-rata hanya sekali dalam 100.000 tahun."

Nah, bila ada Asteroid yang akan menabrak Bumi yang berpotensi mengakibatkan kerusakan Bumi, NASA dan badan antariksa lainnya sudah memiliki rencana yang signifikan.

"Jika para astronom menemukan objek seperti itu, akan ada banyak waktu untuk melacaknya, mengukur orbitnya dengan tepat, dan merencanakan sistem untuk membelokkannya dari jalur orbitnya," terang NASA.

"Tidak akan ada terburu-buru dan tidak ada kepanikan besar. Ini akan menjadi proyek yang harus diikuti oleh semua negara di dunia. Kita akan menemukannya jauh sebelum Asteroid benar-benar memotong orbit Bumi."

"Mungkin hanya perlu sedikit dorongan (mungkin dari roket yang mendarat di permukaan Asteroid) untuk mengalihkannya dari jalur yang mengancam."


(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading