Cari Tempat Tinggal Baru, Elon Musk Kirim Misi ke Mars 2024

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 October 2020 14:55
Ilustrasi planet Mars. (DasWortgewand/Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk terus mencari planet pengganti Bumi sebagai tempat tinggal manusia. Terbaru pendiri Tesla ini berencana mengirimkan misi tanpa awak ke Mars pada empat tahun ke depan.

Misi ini akan menggunakan SpaceX Starship, pesawat roket raksasa yang sedang dikembangkan di pabrik perusahaan di Texas Selatan. Pada tahap awal roket ini akan digunakan untuk menjelajah Bumi pada 2022 dan mengelilingi Bumi.

"Saya pikir kira memiliki peluang untuk membuat jendela transfer Mars kedua," ujarnya dalam sebuah konferensi tentang Mars, seperti dikutip dari Space, Senin (19/10/2020).


Jendela transfer Mars kedua yang dimaksud Elon Musk adalah ketika Bumi dan Mars dalam jarak terdekat. Pada Juli lalu, AS, China, China dan Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan misi ke Mars karena jarak Bumi dan Mars paling dekat sehingga cocok untuk peluncuran misi.

Jarak terdekat tersebut akan berulang setiap 26 bulan sekali. Artinya, jarak itu akan terjadi pada 2022 dan 2024.

Elon Musk memiliki keyakinan manusia harus segera membangun koloni di Mars untuk memastikan keberlangsungan manusia, sebagai berjaga-jaga bila nantinya Bumi tak bisa dihuni karena perang nuklir atau serangan asteriod besar.

Dalam misi menjelajah luar angkasa dan menyelamatkan manusia dari kepunahan, Elon Musk bersaing bos Amazon Jeff Bezos yang mendirikan Blue Origin.

Kedua orang terkaya dunia ini memiliki pandangan berbeda dalam menyelamatkan manusia dari kepunahan. Bila Elon Musk ingin manusia pindah ke planet lain, maka Jeff Bezos ingin manusia tinggal di stasiun luar angkasa.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading