6 Oktober Planet Mars Dekati Bumi, ini Fakta si Planet Merah!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 October 2020 13:37
NASA's InSight Mars lander acquired this image of the area in front of the lander using its lander-mounted, Instrument Context Camera (ICC) with the ICC image field of view of 124 x 124 degrees, on Mars, November 26, 2018.    NASA/JPL-Caltech/Handout via REUTERS     ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.?     TPX IMAGES OF THE DAY

Jakarta, CNBC Indonesia - Warga dunia akan bisa melihat Mars dengan jelas hari ini. Sebab 6 Oktober Planet Mars mendekati Bumi. Ini jadi jarak terdekat antara kedua planet ini dalam 15 tahun ke depan.

Hari ini, jarak Mars dengan Bumi hanya 62,1 juta kilometer. Mars akan bisa ditemukan 'bintang merah' nan gemerlap di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (6/10/2020).

Sebelum menyaksikannya berikut fakta-fakta mengenai Mars yang dihimpun CNBC Indonesia dari National Geographic:


1. Planet terbesar ke-7 di Tata Surya

Mars merupakan planet terbesar ke tujuh di Tata Surya kita. Diameternya sekitar setengah dari Bumi. Mars berputar pad porosnya setiap 24,6 jam Bumi. Mars memiliki atmosfer yang lebih tipis dari Bumi yang membuat suhu permukaannya lebih panas.

2. Mars berangin dan berair

Sebagian besar atmosfer Mars terbuat dari karbon dioksida, nitrogen dan argon. Menurut standar Bumi udaranya sangat tipis. Meski sangat tipis tetapi angin Mars dapat berhembus hingga 60 mil per jam, yang bisa memicu badai debu besar.

Mars juga disebut pernah memiliki air miliaran tahun lalu. Ini merupakan hasil penemuan robot yang melihat adanya wilayah bekas danau dan sungai air. Saat ini kondisinya berbeda, tidak ada genangan besar air cair di permukaan Mars.

3. Mars memiliki gunung tertinggi di Tata Surya

Mars memiliki Olympus Mons, gunung berapi terbesar di Tata Surya, menjulang sekitar 16 mil di atas permukaan mars. Gunung ini tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest.

4. Mars memiliki 2 bulan

Mars memiliki dua bulan yang mengelilinginya, diberi nama Phobos dan Deimos. Hingga kini belum diketahui bagaimana bulan ini terbentuk.

5. Misi ke Mars

Sejak 1960-an telah diluncurkan misi ke Mars. Paling tidak ada 45 misi di kirimkan ke Mars, yang berasal dari AS, Uni Eropa, Rusia dan India. Namun tak semuanya berhasil mencapai Mars.


(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading