Eksklusif

Harapan Itu Ada! Ini Update Terbaru Vaksin Merah Putih

Tech - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
13 October 2020 14:22
Infografis: Fakta Vaksin Covid19 di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia tak mau terlalu bergantung pada vaksin Covid-19 buatan luar negeri. Indonesia pun sedang mengembangkan 6 jenis vaksin merah putih.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan Indonesia sedang mengembangkan 6 jenis vaksin Covid-19 merah putih. Pertama, Lembaga Biologi Moleculer (LBM) Eijkman Institute dengan metode protein recombinat atau mengambil beberapa bagian virus Covid-19 untuk menciptakan vaksin.

Kedua, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan vaksin dengan metode protein recombinant. Ketiga, Universitas Gajah Mada (UGM) dengan metode protein recombinant.


Keempat, Universitas Airlangga dengan metode adenovirus atau menggunakan virus flu biasa yang dilemahkan untuk membentuk spike protein dalam tubuh guna menciptakan kekebalan. Kelima, Institute Teknologi Bandung (ITB) dengan metode adenovirus.

Keenam, Universitas Indonesia dengan menggunakan metode menyuntikkan DNA virus corona ke tubuh untuk memicu respons kekebalan, dan VLP atau metode menggabungkan protein struktur virus utama sebagai vaksin.

Bambang Brodjonegoro memperkirakan vaksin merah putih akan mulai uji klinis tahap 1 (disuntikkan ke manusia) pada kuartal I-2020. "Yang berpotensi tercepat adalah [vaksin]Eijkman dan Universitas Indonesia dengan metode DNA," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/10/2020).

Bambang Brojonegoro menambahkan paling cepat produksi massal vaksin merah putih pada kuartal III-2021 setalah menyelesaikan uji klinis fase tiga dan mendapatkan izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Informasi saja, vaksin merah putih adalah vaksin yang dikembangkan pemerintah dengan menggunakan isolat virus yang bertransmisi di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading