Insentif Kartu Prakerja Gagal Cair, Ini Penyebabnya

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 September 2020 18:20
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja tidak memungkiri transfer insentif Rp 600 ribu/bulan kepada pekerja Prakerja masih kerap menemui kegagalan setiap harinya. Hal ini disebabkan tidak sesuainya data yang diberikan peserta dengan validasi yang dilakukan oleh Manajemen Pelaksana program Kartu Prakerja.

"Kita juga mantau ketika dicairkan dananya, kira-kira gagalnya kenapa sih? Yang banyak ditemuin angkanya relatif kecil dibanding berapa banyak yang berhasil kita transfer. Mungkin per hari hanya 0,4% yang gagal kita transferkan. Itu sangat kecil," kata Direktur Operasi Kartu Prakerja, Hengki Sihombing dalam siaran langsung di akun media sosial Instagram @prakerja.go.id, Jumat (25/9).

Karenanya Ia meminta peserta memastikan data yang dikirim sudah valid. Yakni nomor rekening yang selalu aktif terutama jika ditautkan ke e-wallet semisal Gopay Ovo, atau Link aja. Kemudian nomor telpon jangan diganti. Unsur tersebut harus dipenuhi terutama kala mendapat jadwal insentif.


"Dari sisi kita banyak data yang perlu kita verifikasi maupun kita proses. Nah, untuk mempermudah proses, sobat Prakerja yang sudah mendapat jadwal insentif pastikan nomor rekeningnya selalu aktif," papar Hengki.

Kasus gagal transfer atau tidak masuk ke rekening penerima ini menjadi masalah banyak peserta. Mereka kerap menanyakan ke berbagai platform aduan untuk diproses lebih lanjut. Akibat jumlah aduan yang terus meningkat, maka perlu disediakan lebih banyak lagi platform aduan sejenis.

"Melihat tingginya email, telpon yang masuk kita dari sisi manajemen Prakerja sudah melihat isu ini. Jadi minggu kedua Oktober akan tambahkan layanan untuk call center. Nanti tambah jumlah call center, akan lebih agresif merespon email dan komen yang masuk ke IG," jelas Hengki.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading