Prakerja Sudah Gelombang 9, Ini Pelatihan Paling Diminati

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 September 2020 16:55
Kartu Prakerja

Jakarta, CNCBC Indonesia - Direktur Operasi Kartu Prakerja, Hengki Sihombing mengungkapkan ada sejumlah pelatihan yang menjadi favorit dari para peserta Kartu Prakerja mulai dari gelombang 1 hingga gelombang 9. Peserta umumnya memilih pelatihan yang topiknya sesuai dengan kebutuhan saat ini.

"Paling banyak diminati saat ini materi Kewirausahaan, Bahasa, kemudian banyak juga IT (information technology) karena mungkin memang di zaman pandemi mereka cari kompetensi yang bisa digunakan tanpa bertemu fisik," kata Hengki dalam siaran langsung di akun media sosial Instagram @prakerja.go.id, Jumat (25/9).

Melalui pelatihan yang didapat tersebut, peserta diproyeksikan bisa menggunakan ilmunya dalam bertahan hidup. Meski memang, pelatihan hanya dilakukan secara online.


"Peserta melihat kondisi itu sehingga mereka membeli  pelatihan yang bisa mereka terapkan sehari-hari dan mungkin juga bisa membantu membantu ekonomi mereka. Makanya banyak kewirausahaan juga diambil," sebut Hengki.

Hingga kini, pihaknya mencatat sudah sebanyak 5,48 juta orang yang sudah menjadi peserta program kartu prakerja.
Pemerintah mengalokasikan anggaran Kartu Prakerja senilai Rp 20 triliun dengan target 5,6 juta orang atau peserta.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta mendapat total dana Rp 3,55 juta. Rinciannya, sebesar Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, lalu insentif totalnya Rp 2,4 juta atau Rp 600 ribu per bulan diberikan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading