Rp 14 T Insentif Prakerja Sudah Cair, Kamu Sudah Dapat?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 February 2021 19:35
INFOGRAFIS, Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 Disetop

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Kartu Prakerja sudah menggelar 11 gelombang sampai saat ini. Total sampai saat ini sudah sekitar Rp 14 Triliun cair untuk program tersebut.

"Kalau enggak salah sampai hari ini Rp 14 Triliun, kalau tidak salah menyalurkan insentif Rp 600 ribu kali empat," kata Direktur Eksekutif Project Management Officer (PMO), Denni Puspa Purbasari dalam Bincang Sore Kartu Prakerja, Jumat (26/2/2021).

Dia juga memastikan tidak ada satu rupiah pun dana uang masuk ke manajemen pelaksana. Jika ada dana yang tidak disalurkan akan dikembali ke negara.


"Jadi misalnya ada penerima program yang tidak menyelesaikan program, maka semua uang yang ada dalam rekening akan ditarik kembali pada negara," ungkapnya

Dia juga mencontohkan pada awal 2021 banyak keluhan insentif belum diterima dan terlambat. Saat itu, ada jutaan akun yang menyisakan uang pelatihan untuk dikembalikan.

"Jadi pada awal tahun terjadi pergerakan luar biasa jutaan akun transfer bergerak kembali ke negara. Mulai yang nilainya kecil sampai tadi tidak termanfaatkan," ungkapnya.

Pengembaliannya juga antar akun. Tidak ada penerimaan masuk ke PMO.

Di saat proses pengembalian uang itu, ada juga transfer bagi penerima insentif di bulan Januari. Jadi ada pergerakan besar saat itu.

"Minggu pertama bulan Januari yang kita transfer lebih dari 2 juta akun. Sebagian sliwer ke tempat anak-anak, sebagian sliwer ke bagian nya negara," kata Denni.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading