Lawan Corona, Satgas Covid-19: Jangan Bertumpu Pada Vaksin

Tech - Chandra Asmara, CNBC Indonesia
24 September 2020 17:25
Social distancing Jaga Jarak di Berbagai Fasilitas Publik (Dok. BUMN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat di tanah air tak bertumpu pada vaksin untuk melawan corona. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksin tidak bisa dijadikan tumpuan atasi pandemi Covid-19. Pasalnya vaksin hanya salah satu intervensi perlindungan pada kesehatan masyarakat.

"Masyarakat harus sadar perilaku disiplin, jalankan protokol kesehatan itu langkah utama untuk atasi pandemi ini dan itu bisa dilakukan sejak awal ada pandemi sampai sekarang," ujarnya dalam konferensi digital di Jakarta, Kamis (24/9/2020).


Wiku Adisasmito menambahkan perilaku disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan secara ketat akan menjadi perlindungan diri masyarakat dari serangan virus Covid-19.

"Kami mohon agar masyarakat tidak bertumpu pada vaksin," terang Wiku Adisasmito.

Penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penularan virus corona Covid-19 yang direkomendasi World Health Organization (WHO) adalah mencuci tangan sesering mungkin, terapkan social distancing (jaga jarak) minimal 1 meter dan menggunakan masker.

Masyarakat juga dihimbau untuk menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut karena virus masuk ke tubuh melalui tiga hal ini. Selain itu, menghindari tempat ramai dengan banyak orang, menghindari kontak atau berbicara dengan orang dalam jarak dekat dan menghindari ruang terbatas dan tertutup dengan ventilasi udara yang buruk.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading