Top! Hingga Juni, RI Bakal Terima 50 Juta Vaksin Covid-19

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 March 2021 18:50
Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 (Youtube BNPB)

Jakarta, CNBC Indonesia - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan estimasi vaksin yang diterima hingga Juni 2021 mencapai 50 juta dosis vaksin.

"Jumlah ini bersifat estimasi bisa berubah mohon masyarakat mengikuti perkembangan," ujarnya di Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Selanjutnya terkait dengan vaksin AstraZeneca, menurut Wiku masih sesuai dengan jadwal. Jumlah dosis dan kedatangan masih sesuai dengan keterangan yang disampaikan pada 8 Maret lalu.


Sebelumnya, ditargetkan ada ada 50 juta dosis yang datang pada bulan Mei mendatang secara bertahap.

Jumlah itu berasal dari mekanisme supply yang bersifat business to business (B2B) antara Bio Farma kepada AstraZeneca. "Ini volume yang disepakati 50 juta dosis dan kita harapkan segera datang di bulan Mei secara bertahap," kata Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir.

Selain , Indonesia juga memiliki mekanisme lain yakni multilateral melalui GAVI, inisiatif pengadaan vaksin Covid-19 yang dipimpin WHO. Beberapa waktu lalu, vaksin AstraZeneca sudah datang ke Indonesia sekitar 1,1 juta dosis dan akan datang lagi 11,1 juta dosis.

Vaksin AstraZeneca dikabarkan memiliki tanggal kadaluarsa 31 Mei 2021 mendatang. Mengenai hal tersebut, Honesti mengatakan vaksin yang datang langsung didistribusikan ke lokasi vaksinasi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading