Goodbye Dolar AS! China Mau Yuan Digital Kuasai Dunia Nih..

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 September 2020 11:46
Siap-Siap, China Uji Coba Mata Uang Digital

Jakarta, CNBC Indonesia - Diam-diam China mau menggeser dominasi dolar AS dalam perdagangan dunia. Caranya lewat uang digital bernama Yuan Digital.

Dalam artikel yang diterbitkan majalah China Finance disebutkan bank sentral China atau People's Bank of China (PBOC) telah menyusun rencana untuk mendominasi mata uang digital dunia.

PBOC melihat dolar AS sangat mendominasi dalam perdagangan global dan AS memberikan pengaruh yang besar pada Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sebuah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan juga korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia. Lembaga ini membuat kode khusus dalam transaksi pengiriman uang (transfer) di dunia.


Nah, China mau menantang dominasi itu dengan membuat uang versi digital atau Yuan Digital. PBOC optimistis bisa melakukan itu karena menjadi penggerak pertama versi uang digital yang diterbitkan bank sentral.

Yuan Digital (Twitter/@lingzh1220)Foto: Yuan Digital (Twitter/@lingzh1220)

Keunggulan lainnya, adopsi masyarakat China yang cukup tinggi terhadap transaksi non-tunai. Ini akan memudahkan adopsi Yuan Digital, seperti dihimpun CNBC Indonesia dari The Register, Kamis (24/9/2020).

Artikel tersebut juga menyerukan agar Yuan Digital dapat digunakan lintas negara dan dengan begitu China akan berada dalam posisi yang kuat untuk membentuk kembali dunia keuangan global.

"Penerbitan dan peredaran mata uang digital akan menciptakan perubahan dan dampak yang luar biasa terhadap sistem moneter internasional, sistem kliring, dan sistem keuangan yang ada. Ini akan membuat hak mengeluarkan dan mengontrol mata uang digital akan menjadi 'medan pertempuran baru' dalam persaingan antar negara yang berdaulat," tulis Artikel China Finance.

"Penerbitan mata uang digital legal di China memiliki banyak keuntungan dan menghadapi banyak peluang. Ini harus diakselerasi guna merebut trek pertama, memberikan efek penuh pada jaringan, dan memenangkan peluang pertama."

Artikel tersebut juga menyebutkan inisiatif Belt and Road China, upaya China membangun infrastruktur perdagangan fisik dan digital, bakal jadi salah satu alasan negara lain mau menggunakan Yuan Digital.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading