WHO Sampai Beri Peringatan Keras Soal Covid-19, Eropa Kenapa?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 September 2020 11:45
Infografis/ Makin Gawat!  Corona Capai 45 Negara, 15 di Eropa/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - World Health Organization (WHO) memberikan perhatian khusus pada peningkatan kasus positif Covid-19 di Eropa. Pertambahan kasusnya dianggap sudah mengkhawatirkan.

Kepala WHO Eropa Hans Kluge mengatakan dalam dua minggu terakhir jumlah kasus baru meningkat dua kali lipat di lebih dari setengah negara anggota Eropa. "Kami menghadapi situasi yang sangat serius yang terjadi di hadapan kami," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Jumat (18/9/2020).

Menurut data WHO, pekan lalu ada 300.000 infeksi baru dilaporkan di seluruh Eropa dan kasus mingguan telah melebihi yang dilaporkan selama puncak pertama pandemi di tanah Eropa pada bulan Maret.


"Meskipun angka-angka ini mencerminkan pengujian yang lebih komprehensif, itu juga menunjukkan tingkat penularan yang mengkhawatirkan di seluruh wilayah," katanya. "Angka ini harus menjadi peringatan yang menyadarkan."

Berdasarkan data WHO, ada 5 juta kasus terkonfirmasi di Eropa dengan 228.000 kasus kematian sejak pandemi masuk ke Eropa. Saat total kasus positif corona di dunia sudah tembus 30 juta kasus.

Hans Kruge menambahkan lockdown yang dilakukan pada musim semi dan awal musim panas 2020 menunjukkan hasil dengan menurunkan pertambahan kasus corona di Eropa.

"Pada Juni kasus mencapai titik terendah sepanjang masa. Namun pada September kasus bertambah dengan cepat dan seharusnya menjadi pengingat bagi kita semua," terangnya.

Awal pekan ini, Kluge memperingatkan bahwa Eropa harus bersiap menghadapi peningkatan jumlah kematian akibat virus corona pada Oktober dan November. Ia menyebut pada periode itu kondisi akan semakin sulit.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading