1,2 Juta Peserta Prakerja Sudah Terima Insentif, Sisanya?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 September 2020 19:56
Infografis: Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja melaporkan, hingga saat ini insentif peserta yang sebesar Rp 600 ribu sudah tersalurkan kepada 1,2 juta orang.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Purbasari menjelaskan, dari keseluruhan dari gelombang 1-7, sudah ada 3,88 juta orang yang menjadi peserta Program Kartu Prakerja.

Dari jumlah 3,88 juta peserta tersebut, sebanyak 3,2 juta orang sudah melakukan transaksi pembelian pelatihan program Kartu Prakerja, dan sebanyak 2 juta orang sudah menyelesaikan pelatihan.


"Jumlah user yang sudah menerima insentif hampir 1,2 juta orang," jelas Denni ketika memberikan paparan dalam video conference, Selasa (15/9/2020).

Adapun dari jumlah penerima tersebut, dana insentif yang sudah dicairkan kepada 1,2 juta orang tersebut, nominalnya mencapai Rp 1,6 triliun.

Denni menjelaskan setiap hari, PMO terus melakukan transfer kepada 60.000 hingga 80.000 peserta. Oleh karena itu, untuk melakukan transfer insentif kepada peserta harus dilakukan secara berkala atau bertahap

Agar insentif bisa tersalurkan, Denni berpesan kepada seluruh para peserta untuk bisa mengikuti seluruh prosedur yang ada. Misalnya saja untuk mendaftarkan NIK yang sama dengan yang didaftarkan, pastikan nomer telefon dan akun rekening atau e-wallet, NIK-nya sama dengan yang didaftarkan oleh peserta.

"Agar tidak terjadi persoalan teknis, maka peserta dianjurkan untuk tidak mengganti nomor telefon [di tengah menjalankan program], karena ini memperlambat insentif untuk diterima," jelas Denni.

"Nomor telepon ini kami minta untuk peserta Prakerja selalu keep hingga enam bulan ke depan karena berguna untuk menautkan rekening Rp 600.000 disalurkan, kalau NIK berbeda, akun tidak aktif, maka pencairan insentif akan lama," kata Denni melanjutkan.

Untuk keseluruhan, Denni memaparkan jumlah pendaftar di di laman resmi prakerja.go.id mencapai 23,17 juta orang. Untuk jumlah pendaftar yang sudah melalui proses verifikasi email sebanyak 18 juta, dan 13,4 juta berhasil disaring melalui validasi nomor induk kependudukan (NIK).

Untuk diketahui, insentif para peserta Prakerja bisa gagal dicairkan apabila belum memenuhi 5 persyaratan. Kelima persyaratan itu di antaranya:

  1. Belum mengisi ulasan pada Lembaga Pelatihan
  2. Belum memberikan penilaian terhadap Lembaga Pelatihan
  3. Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif
  4. Akun e-wallet kamu belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto)
  5. Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading