Catat! Kepesertaan Kartu Prakerja Bisa Hangus Loh

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 September 2020 18:47
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi kalian yang sudah lolos jadi peserta Kartu Prakerja bisa hangus bila tidak segera membeli paket pelatihan di 7 mitra platform digital.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers digital di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

"Berdasarkan Permenko 11 (tentang Kartu Prakerja) disebutkan peserta Prakerja jika 30 hari sejak diumumkan tidak menggunakan yang diberikan pemerintah akan dicabut kepesertaannya," ujar Danni Puspa Purbasari.


Danni Purbasari menambahkan waktu 30 hari diberikan untuk membeli paket pelatihan di 7 platform digital. Pemerintah memberikan dana Rp 1 juta untuk membeli paket pelatihan tersebut.

Berdasarkan data PMO Kartu Prakerja, sebelum gelombang ke-8, sudah ada 3.880.918 peserta yang sudah mendapat surat keputusan (SK). Sebanyak 3,2 juta peserta membeli paket pelatihan dan 2 juta menyelesaikan pelatihan.

"2 juta peserta ini telah menyelesaikan pelatihan, rating, sertifikat dan upgrade rekening. Jumlah user hampir 1,2 juta orang yang terima insentif," terang Denni Purbasari.

Denni menambahkan ada 60 ribu hingga 80 ribu peserta yang mendapatkan pembayaran insentif Kartu prakerja. Dana ditransfer ke rekening. Total insentif yang sudah diberikan oleh Prakerja mencapai Rp 1,6 triliun.

Informasi saja, setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan total manfaat sebesar Rp 3,55 juta. Sebesar Rp 1 juta untuk membeli paket pelatihan. Rp 2,4 juta berupa insentif berupa dana tunai dan Rp 150 ribu sebagai fee mengikuti dan mengisi survei.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

KPK, Kartu Prakerja Gelombang 4 & Insentif yang Belum Cair


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading