Kabar Gembira! Jokowi Bakal Berikan Bantuan ke Tenaga Honorer

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 September 2020 13:35
Presiden Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata (BPMI Setpres/Rusman)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan akan memberikan bantuan kepada para tenaga honorer yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Keputusan tersebut disepakati dalam rapat terbatas dengan topik pembahasan Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Pemerintah akan melakukan kajian di mana tenaga honorer juga akan diberikan bantuan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (14/9/2020).

Airlangga mengatakan, kepala negara telah meminta jajaran kabinet untuk melakukan pendalaman bantuan apa yang bisa diberikan kepada tenaga honorer. Pasalnya, saat ini sudah ada tenaga honorer yang mendapatkan bantuan.

"Karena sebagian kecil tenaga honorer ini ada yang sudah dapat bantuan melalui data di BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dengan demikian ini akan diarahkan ke seluruh tenaga honorer," katanya.

Pemerintah, kata Airlangga, akan menyiapkan merumuskan program terkait hal itu.

Sementara itu, Jokowi juga disebut telah meminta agar kartu pra kerja kembali dibahas bersama Kementerian Keuangan. Pasalnya, sampai saat ini masih ada tenaga informal yang terkena dampak pandemi.

"Dilihat potensi-potensi yang ada, karena banyaknya tenaga kerja informal yang terdampak dan kartu prakerja sendiri per hari ini sudah 3,8 juta. Artinya per September 5,6 juta yang direncanakan akan tercapai," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Syarat & Batas Usia Honorer yang Bakal Diangkat Jadi PNS


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading