Nvidia Caplok Perusahaan Desain Chip SoftBank Rp 492 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 September 2020 11:21
In this Oct. 8, 2019 photo, a person walks by a SoftBank shop in Tokyo. Japanese technology company SoftBank Group Corp. racked up a loss of 961.6 billion yen ($9 billion) for the fiscal year through March, on red ink related to its Vision Fund investments, including troubled office space-sharing venture WeWork. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Jakarta, CNBC Indonesia - SoftBank Corp mengkonfirmasi pihaknya sudah sepakat menjual perusahaan desain chip miliknya, Arm ke Nvidia Corp senilai US$40 miliar atau setara Rp 592 triliun (asumsi Rp 14.800/US$).

Kesepakatan ini menempatkan pemasok penting Apple Inc dan produsen teknologi di seluruh industri di bawah kendali satu pemain dan akan menghadapi potensi penolakan dari regulator dan rival Nvidia.

Nvidia akan membayar SoftBank US$ 21,5 miliar dalam bentuk saham dan US$ 12 miliar tunai, termasuk $ 2 miliar saat penandatanganan. Kesepakatan itu akan membuat SoftBank dan Vision Fund, yang memiliki 25% saham di Arm, menguasai 7,6%-8,1% saham di Nvidia.


SoftBank juga berpotensi mendapatkan tambahan uang tunai atau saham senilai US$5 miliar, tergantung kinerja Arm. Adapun karyawan Arm akan mendapatkan saham Nvidia senilai US$1,5 miliar.

Langkah ini diluar kebiasaan SoftBank yang selalu berinvestasi dalam jangka panjang. SoftBank baru 4 tahun berinvestasi di Arm, ketika itu SoftBank masuk dengan mengakuisisi perusahaan senilai US$32 miliar.

Kepala Eksekutif Masayoshi Son sebenarnya memuji potensi Arm, tetapi perusahaan membutuhkan uang sehingga memangkas kepemilikan pada aset-aset besar. Kesepakatan ini ditargetkan selesai Maret 2022 dan akan mengikuti regulasi di Inggris, Amerika Serikat, dan China.

CEO Nvidia Jensen Huang mengatakan Arm tidak akan tunduk pada kontrol AS dan akan membangun chip untuk perangkat mobil otonom. Sebelum AS melarang perusahaan AS atau perusahaan non-AS yang menggunakan teknologi AS untuk memasok perangkat ke Huawei.

Akuisisi Arm akan membuat Nvidia bersaing produsen chip mapan seperti Intel Corp dan Advanced Micro Devices Inc karena Arm telah mengembangkan teknologi untuk bersaing dengan chip mereka.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading