Huawei Rilis Ponsel Harmony OS Tahun Depan, Gantikan Android?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 September 2020 15:40
The company logo is seen at the office of Huawei in Beijing, December 6, 2018.  REUTERS/Thomas Peter

Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies mengkonfirmasi tidak akan meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi Harmony OS tahun ini. Ternyata ponsel ini akan diluncurkan tahun depan, mau gantikan Android?

Hal ini merupakan pernyataan dari CEO Consumer Business Huawei Richard Yu. Ia mengklaim ponsel berbasis HarmonyOS sudah siap untuk dirilis sejak lama. Namun tak dilakukan karena adanya perjanjian dengan Google.

"Mulai tahun depan, Harmony OS bisa digunakan di smartphone, smartTV, PC, mobil dan produk lainnya," kata Richard Yu, seperti dilansir dari MyFixGuide, Senin (7/9/2020).


Harmony OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei 7 tahun silam. Dulu OS ini diberi nama HongMeng. Alasan pembuatan OS sendiri ini adalah mengurangi ketergantungan terhadap pada Android yang dianggap kurang baik bagi perusahaan.

Namun sanksi dari Amerika Serikat (AS) yang memasukkan Huawei dalam daftar hitam (blacklist) telah membuat Huawei menderita. Ponsel Huawei lagi mendapatkan lisensi dari Google sehingga ponsel Android Huawei tak lagi bisa menginstall gmail, YouTube, hingga Play Store secara pre-install (bawaan).

Dampak dari kebijakan ini ponsel Huawei kurang diminati oleh pengguna di luar China karena layanan Google sudah menjadi kebutuhan pengguna. Di China ponsel Huawei masih menjadi pilihan konsumen karena layanan Google diblokir pemerintah.

Harmony OS berbasis microkernel yang memungkinkan banyak digunakan di perangkat dengan konsumsi RAM yang kecil. Harmony OS sudah dipakai di smart TV Huawei. Kabar yang beredar pada 10 September 2020, Huawei akan mengenalkan HarmonyOS generasi kedua dalam HDC Developers Conference.

Eksekutif Huawei optimistis Harmony OS pada akhirnya akan menjadi platform dunia. Menurut data Counterpoint Research pada kuartal II-2020 Huawei menguasai 20% pangsa pasar ponsel dunia dan menjadi produsen nomor satu. Sebelumnya posisi ini dipegang oleh Samsung.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading