Canggih Gaes! Jepang Berhasil Uji Coba Mobil Terbang Nih

Tech - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
31 August 2020 09:05
Mobil SkyDrive terbang di Tokyo, Jepang. (AP/)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan rintisan Jepang, SkyDrive, yang didukung raksasa otomotif Toyota akhirnya melakukan uji terbang publik yang diawaki (melalui observer) untuk mobil terbangnya setelah sebelumnya dilakukan pengembangan bertahun-tahun.

Startup tersebut menerbangkan kendaraan SD-03-nya di sekitar Toyota Test Field di Toyota City, Jepang, dengan seorang pilot di kemudi.

Dikutip dari Endgadget, meskipun bukan kendali otomatis, uji coba ini menunjukkan bahwa mobil terbang tersebut dapat bekerja seperti yang dijanjikan di lapangan test.


SD-03 disebut sebagai mobil terbang, atau vertical takeoff and landing (VTOL) dengan berbasis tenaga listrik terkecil di dunia, dan dimaksudkan sebagai "alat transportasi baru" bagi kehidupan perkotaan di masa mendatang.

Pesawat ini memiliki total delapan rotor yang membantunya terbang dengan aman meskipun terjadi kerusakan motor.

Meski demikian masih dibutuhkan waktu lama sebelum mobil terbang SkyDrive beraksi. Perusahaan mengharapkan persetujuan untuk penerbangan di luar uji lapangan pada akhir 2020, dan mengharapkan mesin komersial dua kursi pada tahun 2023.

Target timeline ini sejalan dengan jadwal pemerintah Jepang dalam meluncurkan layanan taksi terbang. Pesawat ini seakan menjadi petunjuk masa depan di mana pesawat kecil dan jarak pendek dapat membantu mengurangi lalu lintas dan idealnya, mempercepat perjalanan di kota-kota yang padat.

SkyDrive sebetulnya sudah memperkenalkan model uji mobil terbang SD-03 pada awal bulan ini di Jepang. Mobil satu kursi yang didukung oleh baterai dan empat pasang baling-baling itu diuji dengan ketinggian hingga enam kaki di atas tanah dan melayang di area uji selama 5 menit.

Mobil terbang, VTOL, ini dinilai berbeda dari pesawat terbang atau helikopter karena tidak memerlukan tempat lepas landas dan pendaratan khusus dan dirancang untuk menyediakan transportasi pintu-ke-pintu yang cepat di darat dan udara.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading