Mobil Terbang Hiasi Langit Bumi 2024, Begini Prediksi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 September 2021 16:50
Prototipe bertenaga bensin, AirCar, terbang antara bandara internasional di Nitra dan Bratislava, Slovakia. (Tangkapan Layar Youtube KleinVision)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berita soal mobil terbang mungkin lebih sering terdengar dalam beberapa tahun terakhir. Namun kabar terbaru mengungkapkan kendaraan itu dapat menghiasi langit Bumi tahun 2024.

Prediksi ini disebutkan oleh Hugh Martin dari Lacuna Technologies. Menurutnya ada perbedaan saat kapan mobil bisa terbang dan akan aman serta handal untuk ada di langit.

"Tergantung dengan siapa Anda berbicara, saya pikir (2024) bisa menjadi periode waktu," kata Martin dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (22/9/2021).


Sejumlah perusahaan otomotif diketahui mengembangkan kendaraan udara, termasuk pembuat mobil listrik dari China Xpeng dan Fiat Chrysler.

Martin menambahkan sejumlah orang akan bisa membeli produk mobil terbang. Tapi sebagian lain kemungkinan masih akan menggunakan kendaraan listrik dan mobil otonom.

Mobil juga tak perlu harus terbang, dia menyebut tidak harus terangkat jika bisa lebih aman dan mampu membawa lebih banyak orang.

Soal lalu lintas jalur udara juga menjadi masalah. Martin mengungkapkan kota-kota semakin khawatir mengenai bagaimana mengatur lalu lintas untuk mobil terbang di masa depan.

Aturan soal lalu lintas ini bisa mencakup dimana kendaraan akan diizinkan untuk lepas landas, mendarat atau bepergian, apakah bisa terbang kapan saja atau dalam jam yang ditentukan. Selain itu juga mengatur soal jarak mobil satu sama lain.

"Ini akan menjadi waktu lama agar diketahui," ungkapnya.

Martin menyebut di Amerika Serikat (AS), Administrasi Penerbangan Federal dan NASA bekerja sama dengan penyedia drone dan taksi udara mempertimbangkan soal lalu lintas udara di masa depan.

Selain itu dia memprediksi akan ada ribuan bandara di seluruh kota. "Alih-alih memiliki satu bandara per kota besar. Sekarang memiliki ribuan bandara yang tersebar di seluruh kota," kata Martin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Klein Vision Sukses Uji Coba Mobil Terbang


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading