Internasional

Bye Pesawat! Mobil Terbang Segera Dirilis, Sudah Lulus Uji

Tech - sef, CNBC Indonesia
26 January 2022 08:03
Prototipe bertenaga bensin, AirCar, terbang antara bandara internasional di Nitra dan Bratislava, Slovakia. (Tangkapan Layar Youtube KleinVision)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah mobil yang dapat terbang telah lulus uji di Slovakia. Kendaraan hybrida itu, mobil sekaligus pesawat, diberi nama "AirCar".

Sertifikat Kelaikan Udara juga telah diberikan pemerintah negeri Eropa Timur tersebut. Pasalnya mobil itu Sudan menyelesaikan salah satu syarat yakni terbang 70 jam.


"Pengujian penerbangan ketat," kata Klein Vision, perusahaan di balik "mobil terbang" ini, dikutip CNN International, Rabu (26/1/2022).

"Tes penerbangan menantang termasuk berbagai manuver dan kinerja serta menunjukkan stabilitas statis dan dinamis dalam mode pesawat."

Izin juga disebut kompatibel dengan standar Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA). Namun pilot tetap membutuhkan lisensi untuk menerbangkan kendaraan itu.

AirCar, kata perusahaan, juga akan segera dijual secara komersial. Setidaknya, kata juru bicara perusahaan, 12 bulan ke depan

Sementara itu, dalam wawancara berbeda, salah satu pendiri Klein Vision, mengatakan "AirCar" ditenagai oleh mesin BMW 1.6L. Kendaraan itu bisa berjalan dengan bahan bakar apapun.

"Kendaraan dapat terbang pada ketinggian operasi maksimum 18.000 kaki," kata Anton Zajac.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading