Apa Itu Jumlah Tanggungan Prakerja? Simak Nih

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 August 2020 18:37
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Kartu Prakerja menjadi salah satu program pemerintah yang banyak diminati. Namun sejumlah peserta masih kebingungan ketika harus mengisi formulir pendaftaran soal jumlah tanggungan Prakerja.

Ternyata Jumlah tanggungan Prakerja merupakan jumlah orang yang harus hidupnya harus ditanggung oleh calon peserta Kartu Prakerja. Bisa anak, istri atau orang tua.

"Jadi, tanggungan itu adalah orang-orang yang secara ekonomi bergantung pada si pendaftar. Bisa anak, istri, atau orang tua," Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada CNBC Indonesia, Rabu (26/8/2020).


Misalnya, kamu menanggung biaya hidup istri, dua orang anak dan dua orang tua, maka kamu harus menulis dikolom tersebut jumlah tanggungan Prakerja 5 orang. Kolom ini harus diisi jangan dibiarkan kosong atau menulis nol karena bisa saja gagal mendaftar.

Informasi saja, pendaftaran Kartu Prakerja sudah dibuka selama lima kali. Sudah ada 13 juta orang yang mendaftar program yang bertujuan mempersiapkan anak muda menghadapi dunia kerja dan semi bantuan sosial ini.

Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan secara oline melalui situs prakerja.go.id. Mereka yang dinyatakan lolos sebagai peserta akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3,55 juta. Komposisi Rp 1 juta untuk beli paket belajar online, Rp 2,4 juta sebagai insentif peserta, dan Rp 150 ribu sebagai fee mengikuti survey.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kuota 800.000, Pendaftaran Kartu Prakerja 4 Dibuka Besok


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading