Kuota 800.000, Pendaftaran Kartu Prakerja 4 Dibuka Besok

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
07 August 2020 17:00
Infografis/ Update Lengkap Kartu Prakerja Gelombang 4 & Insentif Cair/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah vakum beberapa bulan, program Kartu Prakerja gelombang keempat akhirnya dibuka. Pemerintah akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja besok, Sabtu 8 Agustus 2020.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso menjelaskan pembukaan pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang IV akan dilakukan pada pukul 12.00 WIB dengan kuota sebanyak 800.000 peserta.

"Besok siang, gelombang keempat akan dibuka, pukul 12.00 WIB dengan kuota lebih banyak dibanding gelombang sebelumnya, yaitu sebanyak 800 ribu orang," jelas Susi dalam video conference, Jumat (7/8/2020).


Masyarakat yang ingin menjadi peserta program kartu prakerja kini bisa mendaftarkan diri secara daring (online) dan luring (offline). Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian / Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Rudy Salahudin menjelaskan, pendaftaran secara luring bisa dilakukan di Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Ketenagakerjaan.

Pendaftaran harus datang langsung ke instansi tersebut dan mengisi formulir secara manual, yang pengisian datanya sama seperti formulir yang ada di dalam pendaftaran online.

"Orang yang mau daftar secara offline, pesertanya harus datang langsung. Dengan isian yang sama seperti formulir pendaftaran secara daring. Nanti secara kolektif akan dikumpulkan oleh kementerian/lembaga dan akan mengirimkannya, disahkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan akan dikumpulkan oleh manajemen pelaksana program prakerja," jelas Rudy.

Adapun bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan secara online bisa mendaftarkan diri melalui situs www.prakerja.go.id, berikut cara mendaftarnya:

1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id. Untuk ini kamu harus memasukkan email dan nomor ponsel. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.
2. Selanjutnya login akun dan klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran.
3. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar.
4. Jika dinyatakan lulus maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading