Anies Mau Berlakukan Ganjil Genap Motor, Grab & Gojek Kena?

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
26 August 2020 11:42
Driver Ojek online menunggu penumpang di kawasan Stasiun Pal Merah Jakarta, Selasa (10/3). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kenaikan tarif ojol. kenaikan tarif mulai 16 Maret 2020 berkisar antara Rp 150 hingga Rp 250 per kilometer (km). Kenaikan ini disambut baik oleh driver Gojek, Haryanto 35 tahun saat ditemui di pangkalan gojek Stasiun Pal Merah mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memberlakukan sistem ganjil genap untuk motor. Rencana tersebut akan berdampak ke operasional ojek online (ojol) seperti Grab dan Gojek, yang juga akan terikat dengan aturan tersebut.

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, menjelaskan bahwa kebijakan ini merupakan wewenang dari pemerintah daerah. Kendati demikian, pihaknya juga melakukan koordinasi dalam implementasi aturan ini.

Budi mengaku belum tahu persis kapan kebijakan ganjil genap untuk motor akan diberlakukan. Selama ini koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kemenhub lebih banyak dilakukan melaluiĀ Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).


"Saya belum lihat Pergub-nya. Secara khusus saya belum dikirimi Pergub-nya, dan memang secara khusus dari pihak DKI itu terkait masalah ganjil genap lebih banyak ke BPTJ," kata Budi Setiyadi kepada CNBC Indonesia, Rabu (26/8/20).

Meski begitu, pihaknya akan membahas dampak aturan ini ke ojol bersama Pemprov DKI Jakarta. Ditjen Perhubungan Darat memang berperan sebagai regulator dalam pelaksanaan ojol.

"Kalau ojol nanti saya akan bahas khusus dengan pak Safrin (Kepala Dishub DKI Jakarta). Tapi kalau untuk ASK (angkutan sewa khusus), yang taksi onlinenya saya sudah buat surat. Kalau ojol belum," imbuhnya.

Lebih lanjut, mengenai taksi online dia menjelaskan bahwa bakal ada kebijakan khusus dalam penerapan ganjil genap. Kemenhub menyampaikan usulan dari para asosiasi driver taksi online agar mereka tetap bisa beroperasi seperti taksi konvensional pelat kuning.

"Teknisnya biar mereka. Saya kan usulan. Nanti kan mereka mengatur semuanya. Jadi termasuk juga mungkin penandaannya atau strikernya dari DKI nanti dengan kepolisian. Minimal kalau ada taksi online lewat kelihatan," tuturnya.

Alasan Anies Berlakukan Ganjil Genap Motor
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading