Terungkap! Ini Alasan Ojek Online Jadi Langka Saat Lebaran

Tech - Satya Pramesi, CNBC Indonesia
14 May 2021 21:30
Driver Ojek online menunggu penumpang di kawasan Stasiun Pal Merah Jakarta, Selasa (10/3). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kenaikan tarif ojol. kenaikan tarif mulai 16 Maret 2020 berkisar antara Rp 150 hingga Rp 250 per kilometer (km). Kenaikan ini disambut baik oleh driver Gojek, Haryanto 35 tahun saat ditemui di pangkalan gojek Stasiun Pal Merah mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Driver ojek online (ojol) enggan bekerja pada hari Lebaran tahun ini. Menurut Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono, hal tersebut disebabkan oleh lenyapnya bonus untuk driver ojol.

Igun menyebut driver lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di Idul Fitri karena perusahaan ojol tidak memberi insentif kepada mitranya. Oleh karena itu, calon penumpang kesulitan mendapatkan layanan sejak Kamis, 13 Mei lalu.

"Jadi semenjak dikurang-kuranginnya bonus jadi menurunkan teman-teman ojol untuk mencari order. Apalagi ini sedang hari raya ya, jadi lebih banyak yang memilih bersama keluarga dibanding narik," ujarnya kepada CNNIndonesia.com melalui telepon pada hari Jumat, 14 Mei.


Menurut Igun, banyak driver tidak lagi sesemangat dulu akibat pemangkasan bonus yang diberikan perusahaan aplikasi ojol. Malah, Igun menyatakan loyalitas driver menurun karena mereka mulai kesusahan mendapatkan pendapatan lebih, walaupun tetap mengejar bonus.

"Artinya perlu effort lebih untuk bisa dapat bonus, sedangkan kalau di hari raya ya itu order nggak terlalu banyak. Jadi, narik pun tidak banyak yang tidak bisa dapat bonus," jelas Igun.

Igun menghimbau kepada perusahaan aplikasi ojol untuk memperhatikan kesejahteraan mitranya. Ia menjelaskan, pada akhirnya, pelanggan juga akan terdampak oleh layanan yang kurang cukup.

Tetapi Igun memprediksi bahwa normalitas akan berlanjut pada Senin, 17 Mei mendatang.

Di sisi lain, Senior Vice President Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo menyatakan pihaknya berkomitmen akan mempertemukan pelanggan dengan mitra untuk menghadirkan solusi. Rubi menyatakan akan bertemu di hari libur nasional dan hari besar keagamaan.

Rubi menyebut, Gojek telah memberikan program special Hari Raya untuk memastikan ketersediaan layanan pelanggan pada Hari Raya Idul Fitri. Rubi menjelaskan program special tersebut adalah sebuah penawaran pendapatan khusus untuk mitra yang bekerja di hari itu. Program ini dinyatakan berlanjut mulai 11 Mei lalu.

"Gojek juga memiliki program khusus bagi mitra driver, yaitu program Swadaya yang ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada mitra driver menambah pendapatan dan mengurangi biaya operasional sehari-hari melalui berbagai inisiatif dan program yang dapat dinikmati oleh mitra driver beserta keluarganya," jelasnya.

Berita selengkapnya simak halaman berikut ini >>>>>>>>>>>>


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gara-gara BTS Meal, Antrean Ojol Mengular di McD


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading