Bos Tesla: 5 Tahun Lagi 'Robot AI' Secerdas Manusia

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
28 July 2020 14:02
Robot Gunakan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bos Tesla Elon Musk mengingatkan akan adanya kemungkinan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) sepintar manusia dalam lima tahun mendatang atau tahun 2025.

Hal ini disampaikannya dalam sebuah wawancara dengan New York Times. Prediksinya ini pun lebih cepat dari perhitungan Ray Kurzweil seorang peneliti yang menyebutkan AI akan mengganti manusia pada 2045.

Elon Musk merupakan orang yang membantu menemukan laporan penelitian kecerdasan buatan bernama OpenAi pada 2015 dan secara konsisten memperingatkan akan adanya ancaman dari kecerdasan buatan.


"Penilaian saya tentang mengapa AI diabaikan oleh orang-orang yang sangat pintar adalah bahwa orang-orang yang sangat pintar tidak berpikir bahwa komputer dapat menjadi sepintar mereka. Dan ini keangkuhan dan jelas salah," ujar Elon Musk seperti dikutip dari The Independent, Selasa (28/7/2020).

"Kami menuju ke situasi di mana AI jauh lebih pintar daripada manusia dan saya pikir kerangka waktu kurang dari lima tahun dari sekarang. Tapi itu tidak berarti bahwa semuanya akan masuk neraka dalam lima tahun. Itu hanya berarti bahwa segala sesuatunya menjadi semakin buruk. tidak stabil atau aneh."

Pada 2016, Elon Musk pernah mengeluarkan pernyataan manusia akan diperlakukan seperti hewan peliharaan oleh AI kecuali ada teknologi yang bisa menghubungkan otak manusia ke komputer.

Setelah pernyataan itu, Elon Musk mengumumkan sebuah startup antarmuka otak-komputer baru yang mencoba menanamkan chip otak menggunakan "perangkat mirip mesin jahit".

Menurutnya, Neuralink akan memungkinkan manusia untuk bersaing dengan AI, serta membantu menyembuhkan penyakit di otak, mengendalikan suasana hati dan bahkan membiarkan orang "mendengarkan musik langsung dari chip."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading