Harta Rp 1.031 T, Pria Ini Jadi Orang Terkaya ke-6 di Dunia

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 July 2020 16:45
Mukesh Ambani, Chairman and Managing Director of Reliance Industries, reacts during the 2011 spring membership meeting organised by the Institute of International Finance (IIF) in New Delhi March 4, 2011. REUTERS/B Mathur/Files

Jakarta, CNBC IndonesiaOrang terkaya Asia Mukesh Ambani kini punya predikat baru. Ia kini menjadi orang terkaya ke-6 di dunia mengeser posisi Elon Musk (bos Tesla), Sergey Brin dan Larry Page (pendiri Google).

Menurut Bloomberg Billioner Index, harga kekayaan Mukesh Ambani mencapai US$72,4 miliar atau setara Rp 1.031,6 triliun. Ini karena harga saham Reliance Industries meningkat hampir dua kali lipat dari harga saham di Maret 2020, seperti dikutip dari Fortune, Selasa (14/7/2020).

Saat ini harta harta Larry Page mencapai US$ 71,6 miliar. Harta Sergey Brin US$ 69,4 miliar dan Elon Musk US$68,6 miliar.


Mukesh Ambani awalnya merupakan taipan asal India di bidang energi. Melalui Reliance Industries, ia menguasai sektor energi India. Namun perlahan tapi pasti dia mengarahkan ambisinya ke sektor ekonomi digital.

Mukesh Ambani meluncurkan Jio Platform, usaha yang memiliki bisnis di bidang telekomunikasi yang memiliki pelanggan 388 juta orang dalam 4 tahun, pembelian makanan kebutuhan harian dan video streaming. Bisnis Jio Platform masih bisa dikembangkan lagi.

Dari Jio Platform, Mukesh Ambani mendapatkan dana US$15,6 miliar dalam 3 bulan dengan menjual 25% saham perusahaan. Dana ini sebagian besar digunakan untuk membayar utang Reliance Industries dan mengembangkan bisnis digital.

Di balik Jio Platform ada investor kakap seperti Facebook, Intel hingga Qualcomm. Lantas apa yang membuat mereka tertarik? Jio Platform disebut berpotensi membuka pasar yang berkapasitas US$2 triliun dalam lima tahun ke depan, menurut lembaga riset Bernstein.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading