Diam-diam Orang Terkaya Asia Mau Jungkalkan Zoom

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 July 2020 14:45
Mukesh Ambani, Chairman and Managing Director of Reliance Industries, reacts during the 2011 spring membership meeting organised by the Institute of International Finance (IIF) in New Delhi March 4, 2011. REUTERS/B Mathur/Files


Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di Asia Mukesh Ambani kini membidik bisnis digital baru video conferencing, untuk menyaingi dominasi aplikasi Zoom. Caranya meluncurkan aplikasi JioMeet.

Untuk tahap awal JioMeet hadir dalam bentuk panggilan video gratis high definition (720p) dan mendukung 100 peserta dalam satu kali panggilan. Keunggulannya, layanan ini gratis selama 24 jam tanpa dikenakan bayaran.

JioMeet versi beta rilis Mei lalu dengan menawarkan fitur control host selevel layanan korporasi termasuk perlindungan password dalam setiap panggilannya, kemampuan berbagi layar dan berkolaborasi.


Melansir TechCrunch, Jumat (3/7/2020), JioMeet juga memiliki fitur keamanan end-to-end encryption. Namun tak dijelaskan apakah layanan ini akan bisa digunakan di luar India. Saat ini aplikasi video konferensi paling populer di India adalah Zoom.

JioMeet sendiri tersedia untuk digunakan melalui browser Chrome dan Firefox di desktop, serta memiliki aplikasi mandiri untuk macOS, Windows, iOS, dan Android serta plugin Outlook.

Jio Platform merupakan anak usaha dari Reliance Group, yang fokus pada sektor telekomunikasi. Anak Usahanya operator telekomunikasi memiliki 400 juta pelanggan dan jadi yang terbesar di dunia.

Jio Platform telah membuat kekayaan Mukesh Ambani melonjak menjadi US$64 miliar. Kenaikan ini karena Mukesh Ambani berhasil menjual 25% saham perusahaan seharga US$22 miliar. Salah satu investor perusahaan adalah Facebook yang memegang 10% saham perusahaan.

Sebagian besar dana ini dikumpulkan Mukesh Ambani selama lockdown atau karantina wilayah India. Dana ini akan digunakan untuk menutup utang Reliance Group yang akan menjadi perusahaan bersih tanpa utang pada 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading