Usai Facebook, Qualcomm Suntikkan Rp 1,4 T ke Mukesh Ambani

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 July 2020 16:05
Infografis/Tak Kenal Lelah! Orang Terkaya di Asia Kumpulkan Rp 308 T dalam 305 Hari/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi penggalangan dana dari investor yang dilakukan oleh orang terkaya Asia Mukesh Ambani ternyata belum selesai. Terbaru, Qualcomm menyuntikkan dana US$97 juta atau setara Rp 1,4 triliun ke Jio Platform.

Atas suntikan dana ini Qualcomm akan memiliki 0,15% saham Jio Platform. Qualcomm bergabung dengan Facebook dan Intel yang sudah lebih dulu menyuntikkan dana triliunan rupiah pada Jio Platform.

"Hari ini dengan senang hati saya memperkenalkan Qualcomm Ventures sebagai investor Jio Platform," ujar Mukesh Ambani seperti dikutip dari CNN International, Selasa (14/7/2020).


"Sebagai pemimpin dalam teknologi nirkabel, Qualcomm akan menawarkan teknologi canggih yang akan membantu kami menerapkan visi 5G kami dan transfromasi digital di India bagi secara ritel maupun perusahaan."

Jio Platform merupakan anak usaha dari Reliance Industries, perusahaan konglomerasi yang memiliki usaha dari tekstil hingga minyak di India. Secara total Jio Platform telah mengumpulkan US$15,6 miliar sejak April 2020.

Menurut para ahli, Jio Platform merupakan ambisi besar Mukesh Ambani untuk menciptakan perusahaan teknologi global seperti Google, Tencent, Amazon dan Alibaba.

Saat ini Jio Platform memiliki anak usaha di bidang telekomunikasi yang sudah memiliki 388 juta pelanggan lengkap dengan ekosistem aplikasi untuk belanja kebutuhan harian online, pembayaran digital hingga video streaming.

Saat ini Mukesh Ambani masih memiliki 75% saham Jio Platform. Dana ini sebagian besar untuk membayar seluruh utang Reliance Industries dan mengembangkan ambisi Mukesh Ambani di sektor ekonomi digital.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading